Liga Indonesia

Tiga Pemainnya Dipanggil Timnas U-23, Begini Komentar Manajemen Persipura

Selasa, 27 Agustus 2019 19:15 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Yohanes Ishak
© Grafis:Yanto/Indosport
Logo Persipura Jayapura. Copyright: © Grafis:Yanto/Indosport
Logo Persipura Jayapura.

INDOSPORT.COM - Manajemen Persipura Jayapura tetap mendukung pemanggilan tiga pemain mudanya ke tim nasional Indonesia U-23 yang tengah menjalani pemusatan latihan (TC) jelang SEA games 2019 di Filipina.

Tiga pemain tersebut yakni Gunansar Mandowen, Todd Rivaldo Ferre dan David Kevin Rumakiek yang kini sedang mengikuti TC di Yogyakarta, 25 - 31 Agustus nanti.

Dijelaskan sekretaris umum Persipura, Rocky Bebena, pemanggilan tiga pemain muda Persipura Jayapura tersebut merupakan sebuah kewajiban negara. Oleh sebab itu, pihaknya sangat mendukung pemanggilan tersebut.

Hanya saja, Rocky meminta PSSI dan PT LIB untuk memahami kondisi setiap klub yang mengirimkan para pemainnya di Timnas Indonesia, dengan menyesuaikan jadwal kalender FIFA.

"Yang penting sekarang itu, PT LIB tidak hanya berpatokan pada keinginan sponsor atau keinginan TV sebagai hak siar, tapi disinkronkan dengan kalender FIFA dan timnas sendiri, sehingga semua tim juga memberikan dukungan ke timnas,” jelasnya kepada wartawan olahraga di Jayapura, Selasa (27/8/19).

“Sehingga nantinya tidak ada tim yang dirugikan, karena jika pemain ke timnas syukur-syukur jika ada peman yang pulang dengan kondisi fit, kalau tidak fit kan yang dirugikan adalah klub. Selama agenda Timnas tidak terstruktur dengan kalender FIFA dan AFC bahkan kompotesisi kita pasti semua aspek dirugikan,” tambahnya.

Rocky menambahkan, tiga pemain tersebut kemungkinan absen membela Persipura saat menjamu pemuncak klasemen, Bali United pada 1 September mendatang.

“Kecuali jika memang mereka kembali pada tanggal 31 Agustus, tapi kita juga melihat kondisi terakhir mereka, jika memungkinan pasti akan diturunkan pelatih,” tandasnya.

Sekedar mengingatkan, dari tahun ke tahun, Persipura Jayapura memang terbilang cukup sering menyumbangkan pemainnya ke Timnas Indonesia baik di level senior maupun junior, seperti sejumlah nama veteran hingga legenda, Boaz Solossa, Ian Louis Kabes, Ricardo Salampessy, Jendry Pitoy, dan masih banyak lagi.