Liga Indonesia

Belum Tercantum di Situs Liga 1, Beda Nasib Firza Andika dan Maitimo di PSM

Rabu, 28 Agustus 2019 19:21 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Media PSM
Raphael Maitimo (kiri) bersama CEO PSM Munafri Arifuddin, saat diresmikan menjadi pemain baru Juku Eja. Copyright: © Media PSM
Raphael Maitimo (kiri) bersama CEO PSM Munafri Arifuddin, saat diresmikan menjadi pemain baru Juku Eja.

INDOSPORT.COMPSM Makassar resmi mendatangkan Firza Andika dan Raphael Maitimo di bursa transfer paruh musim Shopee Liga 1 2019. Jika menilik keduanya di situs resmi Liga 1, Firza bisa dikatakan tak lebih beruntung.

Dalam daftar pemain di situs liga-indonesia.id, Firza Andika belum tercatat masuk skuat PSM untuk putaran kedua. Padahal, periode pendaftaran pemain baru sudah dibuka pada Selasa (27/8/19) lalu.

Pemain Timnas Indonesia U-22 yang sebelumnya memperkuat AFC Tubize itu juga sudah diresmikan terlebih dahulu sejak 19 Agustus 2019. Ia datang dengan status pinjaman hingga akhir musim dengan opsi perpanjangan kontrak.

Sedangkan, Raphael Maitimo yang baru diperkenalkan tiga jam sebelum laga melawan Persija Jakarta (28/8/19) langsung masuk daftar pemain PSM di situs resmi Liga 1. Hal tersebut menyiratkan bahwa sang pemain bisa langsung dimainkan.

Benar saja, ia bahkan masuk di bangku cadangan dan diturunkan pada menit ke-81 menggantikan Zulham Zamrun. Kontribusinya di akhir laga berhasil membawa tim Juku Eja menahan imbang Persija Jakarta dengan skor 0-0.

© https://liga-indonesia.id/
Nama Raphael Maitimo langsung terdaftar di situs resmi Liga 1. Copyright: https://liga-indonesia.id/Nama Raphael Maitimo langsung terdaftar di situs resmi Liga 1.

Tetapi, hal ini menjadi buah bibir para warganet. Menurut mereka, Maitimo yang baru direkrut pada bursa transfer paruh musim seharusnya hanya boleh dimainkan pada putaran kedua. Laga melawan Persija sendiri adalah pertandingan tunda pekan ketujuh.

Menanggapi hal tersebut, para warganet meminta penjelasan kepada PSSI dan PSM Makassar terkait hal ini. Mereka tidak mau adanya salah langkah yang bisa berdampak buruk terhadap penyelenggaraan liga musim ini.

Namun, melihat pengalaman bermain, Maitimo jelas lebih unggul. Ia berkelana di beberapa klub besar Tanah Air sejak memiliki paspor Indonesia. Dengan hal tersebut, wajar jika jebolan akademi Feyenoord Rotterdam itu langsung diandalkan Darije Kalezic.