Liga Champions

Laga Kualifikasi Liga Champions, Ultras Red Star Belgrade Bawa Tank ke Stadion

Rabu, 28 Agustus 2019 01:41 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© EPA
Fans Red Star Belgrade membawa tank ke stadion jelang laga kualifikasi Liga Champions melawan Young Boys, Rabu (28/08/19) WIB. Copyright: © EPA
Fans Red Star Belgrade membawa tank ke stadion jelang laga kualifikasi Liga Champions melawan Young Boys, Rabu (28/08/19) WIB.

INDOSPORT.COM - Fans klub Red Star Belgrade membawa tank ke area stadion jelang laga penentuan kualifikasi Liga Champions melawan Young Boys, Rabu (28/08/19) dini hari WIB.

Red Star Belgrade akan menjamu Young Boys dalam laga leg kedua kualifikasi Liga Champions 2019/20. Beberapa jam sebelum laga terdapat pemandangan menarik di area Stadion Rajko Mitic, kandang Red Star.

Sebuah tank perang berhiaskan lambang klub terparkir di area stadion. Tank tersebut diketahui sengaja dibawa oleh para fans Red Star demi laga melawan Young Boys. 

Aksi dari fans klub raksasa Serbia ini pun langsung menimbulkan kontroversi di Kroasia, negara tetangga mereka yang sempat terlibat konflik perang saudara di wilayah Yugoslavia.

Dilansir dari The Sun, media-media di Kroasia menyebut perilaku tak lazim para ultras tersebut adalah bagian dari provokasi dan meminta agar UEFA bereaksi. 

Tank yang dibawa itu disinyalir adalah tank yang digunakan selama perang perpecahan Yugoslavia pada dekade 90-an lalu. Tank itu sendiri didekorasi dengan warna merah dan putih khas klub Red Star Belgrade

Tank tersebut merupakan buatan Soviet bernomor T-54 yang sudah dinonaktifkan. Sebuah situs web penggemar Red Star mengatakan bahwa tank itu melambangkan slogan mereka, "Mesin Telah Dimulai."

Tank itu diparkir di sebelah utara stadion yang diperuntukkan bagi pendukung ultras klub. Menteri Dalam Negeri Serbia, Nebojsa Stefanovic, pun bereaksi terhadap hal ini.

Menurutnya tank tersebut telah diperiksa dan dipastikan tidak ada bahan peledak yang akan menimbulkan bahaya bagi publik.