Liga Indonesia

Paspor Belum Jadi, Otavio Dutra Terancam Gagal Mentas Lawan Malaysia

Rabu, 28 Agustus 2019 11:45 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Indra Citra Sena
© pssi.org
Otavio Dutra, pemain naturalisasi baru Timnas Indonesia Copyright: © pssi.org
Otavio Dutra, pemain naturalisasi baru Timnas Indonesia

INDOSPORT.COM - Nasib Otavio Dutra di timnas Indonesia sepertinya masih menggantung. Dia terancam tak bisa bermain karena proses naturalisasinya belum 100 persen selesai.

Meski sudah mengucap sumpah, namun Dutra belum memiliki berkas yang menandakan keabsahan sebagai Warga Negara Indonesia. Dia diketahui belum memiliki dokumen identitas seperti Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Paspor Indonesia.

"Masalah paspor masih belum selesai. Semoga dalam minggu ini semua sudah selesai semua," ucap Otavio Dutra kepada awak media di Jakarta, Selasa (27/8/19). 

Dengan belum terbitnya dokumen tersebut, Dutra terancam tidak bisa membela timnas Indonesia di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022. Dia tak bisa bermain saat Timnas Indonesia menjamu Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta, Kamis (5/9/19).

"Iya melawan Malaysia nanti dibutuhkan berkas itu semua. Semoga saya punya bantuan untuk menyelesaikannya karena sesungguhnya saya sudah mengucap sumpah," cetus Dutra.

"Semua syarat menjadi WNI sudah saya penuhi, Sekarang tinggal berharap dapat bantuan agar urusan paspor segera beres dan saya bisa bermain melawan Malaysia," harap pemain kelahiran Brasil tersebut.

Sekadar mengingatkan, bukan kali ini saja Otavio Dutra dipanggil oleh pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy. Dia sempat masuk skuat saat Laskar Merah-Putih bersiap diri menyambut FIFA Matchday Maret silam.

"Karena coach Simon McMenemy juga sudah pernah panggil saya. Apalagi ini bukan yang pertama kali saya bermain untuk timnas Indonesia. Ini kedua kalinya," tandasnya.