Liga Indonesia

6 Bintang Dunia yang Punya Kedekatan dengan Xandao, Calon Bek Persija

Kamis, 29 Agustus 2019 15:37 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Adam Davy - PA Images via Getty Images
Alexandre Xandao, Rivaldo dan logo Persija Jakarta. Copyright: © Adam Davy - PA Images via Getty Images
Alexandre Xandao, Rivaldo dan logo Persija Jakarta.

INDOSPORT.COM – Nama Alexandre Reame Xandao mulai menjadi perbincangan bagi pecinta sepak bola Indonesia setelah dirinya digadang-gadang bakal gabung Persija Jakarta pada bursa transfer paruh musim Liga 1 2019.

Kabar itu muncul setelah Xandao memberikan kode keras melalui akun media sosial pribadinya. Lewat Instagram pribadinya, @xandao04official, Xandao terpantau telah mengikuti akun resmi Persija.

Sebelumnya, CEO Persija Ferry Paulus sempat mengungkapkan sedikit ciri-ciri dua pemain asing baru Jakarta. Ciri-ciri itupun melekat kepada pemain yang saat ini sudah berusia 31 tahun tersebut.

"Yang satu dari Brasil mainnya di Serie A berposisi bek tengah. Jumat kemarin dia masih main di sana. Lainnya gelandang berpaspor Spanyol dan Minggu lalu masih main di Superliga," beber Ferry, Rabu (28/08/19).

Jauh sebelum Xandao dikaitkan ke Persija pada Liga 1 2019, nyatanya dirinya memiliki kedekatan dengan sejumlah bintang sepak bola dunia. Bahkan salah satunya adalah seorang legenda Brasil, yang sudah tidak asing di telinga masyarakat.

Kali ini INDOSPORT mencoba untuk merangkum setidaknya enam pemain bintang sepak bola dunia yang memiliki kedekatan dengan pemain incaran Persija, yakni Xandao.

Rogerio Ceni

© fmmvibe.com
Rodrigo Ceni penjaga gawang Sao Paulo. Copyright: fmmvibe.comRogerio Ceni penjaga gawang Sao Paulo punya kedekatan dengan pemain incaran Persija Jakarta, Xandao.

Rogerio Ceni merupakan salah satu penjaga gawang legenda asal Brasil. Meski tak pernah bermain di pentas Eropa, akan tetapi namanya sangat familiar di telinga pecinta sepak bola dunia.

Mengingat, Rogerio Ceni memiliki keunikan yang hampir tidak dimiliki oleh penjaga gawang lainnya. Kendati hanya seorang kiper, namun dirinya punya keahlian mencetak gol melalui bola-bola mati, seperti tendangan bebas dan penalti.

Xandao sendiri memiliki kedekatan dengan Rogerio Ceni ketika dirinya masih menjadi bagian Sao Paulo pada periode 2010-2011.

Rivaldo

© veja.abril.com
Rivaldo saat bersagam Sao Paulo Copyright: veja.abril.comRivaldo saat berseragam Sao Paulo dan punya kedekatan dengan pemain incaran Persija Jakarta, Xandao.

Selain Rogerio Ceni, Xandao juga pernah merasakan bermain bersama legenda Brasil yang pernah bermain bersama Barcelona, yakni Rivaldo. Momen itu juga terjadi ketika Xandao menjadi pemain Sao Paulo.

Akan tetapi, Xandao hanya mencicipi satu musim bersama dengan Rilvado, yakni pada tahun 2011. Karena pada musim selanjutnya, Xandao memilih hijrah ke Sporting Lisbon.

Lucas Moura

© Julian Finney/Getty Images
Lucas Moura pada laga saat melawan Newcastle United di Tottenham Hotspur Stadium. Copyright: Julian Finney/Getty ImagesLucas Moura punya kedekatan dengan pemain incaran Persija Jakarta, Xandao.

Lucas Moura merupakan salah satu pemain sayap ternama di Liga Inggris pada musim 2019/20 ini. Dirinya menjadi salah satu pilar utama di lini serang Tottenham Hotspur sejak musim lalu.

Sebelum bergabung dengan Tottenham, nyatanya Lucas Moura juga memiliki kedakatan dengan Xandao. Itu juga terjadi ketika keduanya masih sama-sama memperkuat Sao Paulo.

Casemiro

© David S. Bustamante/Soccrates/Getty Images
Casemiro pada laga saat melawan Real Valladolid di Santiago Bernabeu. David S. Bustamante/Soccrates/Getty Images Copyright: David S. Bustamante/Soccrates/Getty ImagesCasemiro pada laga saat melawan Real Valladolid di Santiago Bernabeu. David S. Bustamante/Soccrates/Getty Images

Saat masih memperkuat Sao Paulo, Xandao memang banyak bertemu dengan sejumlah bintang sepak bola dunia. Selain para legenda, dirinya juga pernah merasakan bermain bersama salah satu gelandang terbaik di LaLiga Spanyol, yakni Casemiro.

Seperti yang sudah diketahui, Casemiro lebih dulu menjadi bagian Sao Paulo sebelum akhirnya menjadi pilar utama di lini tengah Real Madrid sejak beberapa musim lalu.

Luis Fabiano

© 90min.com
Luis Fabiano saat membela Sao Paulo Copyright: 90min.comLuis Fabiano saat membela Sao Paulo dan punya kedekatan dengan pemain incaran Persija Jakarta, Xandao.

Pemain bintang dunia terakhir yang punya kedekatan dengan Xandao adalah Luis Fabiano. Salah satu penyerang yang pernah masuk Timnas Brasil itu juga dipertemukan dengan Xandao saat memperkuat Sao Paulo.

Luis Fabiano sendiri merupakan penyerang mengeriakan di zamannya. Ia pernah menjadi top skor Copa del Rey 2009 saat masih memperkuat Sevilla. Sebelumnya, ia juga masuk dalam starting terbaik LaLiga Spanyol 2007/08.

Eric Dier

© Tottenham Hotspur FC/Tottenham Hotspur FC via Getty Images
Eric Dier dalam sesi latihan di Tottenham Hotspur Training Centre. Copyright: Tottenham Hotspur FC/Tottenham Hotspur FC via Getty ImagesEric Dier punya kedekatan dengan pemain incaran Persija Jakarta, Xandao.

Tak hanya Lucas Moura, pemain Tottenham Hotspur lain yang punya kedekatan dengan pemain incaran Persija pada paruh musim Liga 1 2019 ini adalah Eric Dier.

Salah satu pemain muda yang digadang-gadang bakal menjadi bintang sepak bola Inggris itu pernah main bareng bersama Xandao saat masih memperkuat Sporting Lisbon.