Liga Indonesia

Bandingkan dengan SUGBK, Presiden Jokowi Puji Kemegahan Stadion Manahan Solo

Kamis, 29 Agustus 2019 09:25 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Indra Citra Sena
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Proses renovasi Stadion Manahan Solo yang segera selesai dalam waktu dekat mengundang pujian Presiden Joko Widodo. Bahkan, Jokowi menyebut stadion itu layak menggelar event sepak bola berskala internasional.

Renovasi Stadion Manahan saat ini sudah mendekati 90 persen. Tak hanya megah, stadion yang disebut-sebut sebagai Mini Gelora Bung Karno (GBK) itu juga didukung oleh fasilitas lengkap.

Setelah direnovasi, Stadion Manahan Solo akan mampu menampung 20.000 penonton. Seluruh tribun stadion akan dipasang kursi tunggal dengan motif Batik Kawung yang menandakan budaya Kota Solo.

Selain memuji kemegahan Stadion Manahan, Jokowi juga menyoroti lapangan berstandar internasional. Orang nomor satu di Indonesia itu mengungkapkan bahwa rumput yang digunakan adalah Zoysia Japonica, sejenis dengan rumput Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta.

Renovasi Stadion Manahan dijadwalkan rampung bulan depan. Jokowi menambahkan, dengan segala fasilitas yang ada di dalamnya, stadion tersebut sangat layak untuk menggelar event olahraga berskala nasional dan internasional.

Tak hanya megah, Stadion Manahan Solo dilengkapi dengan fasilitas pendukung kelas satu. Di antaranya adalah lampu FOP (Field of Play) berkekuatan 1.500 luks yang proses instalasinya segera selesai.

Selain itu, fasilitas mewah juga disediakan di ruang ganti pemain. Mulai kamar mandi dengan berstandar internasional hingga kolam jacuzzi untuk proses recovery pemain setelah pertandingan.

Proses renovasi Stadion Manahan Solo sendiri sudah dimulai sejak Agustus 2018. Setelah direnovasi, Stadion Manahan yang ‘baru’ akan menjadi markas klub sepak bola Persis Solo.