In-depth

Apa Kabar Andi Oddang? Pemain Yang Membawa Persebaya Promosi ISL 2009

Jumat, 30 Agustus 2019 16:39 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Suporter Persebaya Surabaya yakni Bonekmania tentu masih ingat dengan striker Andi Oddang. Striker bergaya rambut khas jabrik ini berhasil membawa Persebaya promosi ke kasta tertinggi Liga Indonesia yang kala itu namanya Indonesia Super League (ISL) 2009.

Persebaya berhasil lolos setelah berhasil mengalahkan PSMS Medan melalui pertandingan playoff dan diakhiri dengan babak adu pinalti. Namun sayang, kerjasama Andi Oddang dan Bajul Ijo tidak lama, dia tercatat hanya satu musim membela klub kebanggaan Bonekmania tersebut.

Pada musim berikutnya yakni 2010, Persebaya memilih menyebrang ke kompetisi tandingan saat itu yakni Indonesia Premiere League (IPL). Nah, meski Andi Oddang tak lama membela Bajul Ijo tapi jasanya sangat dikenang oleh suporter Persebaya.

Kurang lebih 10 tahun sudah Andi Oddang berpisah dengan Persebaya Surabaya, bagaimana kesibukannya saat ini. Setelah di hubungi Indosport Andi Oddang sudah tidak berkecimpung di dunia sepak bola.

Dirinya mengaku sudah banyak menghabiskan waktunya bersama keluarga.

"Selama saya tidak main (sepak bola), saya banyak bersama keluarga. Antar jemput anak-anak ke sekolah," katanya kepada INDOSPORT.

Lantas disinggung soal rasa kangen dengan dunia sepak bola, Andi Oddang mengakui jika dirinya sangat rindu.

"Kangen banget, seandainya ada umur yang bisa dibeli supaya muda pasti saya beli," guraunya.

Ya, masa pensiun dari dunia sepak bola memang harus diterima oleh Andi Oddang dan oleh semua pesepakbola di belahan dunia manapun. Andi Oddang banyak bersyukur, lantaran dengan masa pensiun dirinya bisa banyak menghabiskan waktu dengan keluarga.

"Maklum, selama saya masih aktif sebagai pemain sepak bola. Saya jarang sekali bisa antar anak-anak ke sekolah, apalagi kalau saya main diluar," bebernya.

Untuk mengatasi rasa kangen dengan sepak bola, Andi Oddang mengaku punya cara tersendiri supaya rasa kangen itu hilang.

Dua kawan akrabnya sewaktu masih membela Persebaya selalu jadi jujugan Andi Oddang. Mereka adalah Andik Vermansah dan Taufik.

"Saya masih sering telepon-teleponan dengan mereka," singkatnya.

Sekadar untuk diketahui, Andi Oddang terakhir kali membela klub PSM Makassar hingga cedera panjang yang harus dia alami. Dari cedera yang cukup panjang itulah Andi Oddang memutuskan untuk pensiun dari sepak bola.