Liga Indonesia

Jika Gabung Persija, Xandao Bisa Langsung Pecahkan 2 Rekor Liga 1 2019 Sekaligus

Jumat, 30 Agustus 2019 04:22 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Prio Hari Kristanto
© AMA/Corbis via Getty Images
Alexandre Xandao saat berseragam Sporting Lisbon dan logo Persija Jakarta, Copyright: © AMA/Corbis via Getty Images
Alexandre Xandao saat berseragam Sporting Lisbon dan logo Persija Jakarta,

INDOSPORT. COM - Alexandre Reame Xandao berpotensi pecahkan dua rekor sekaligus jika ke depannya jadi gabung Persija Jakarta.

Nama Xandao belakangan memang tengah menjadi sorotan jagat sepak bola Indonesia. Hal ini tak lepas dari isu yang mengaitkan Xandao dengan juara bertahan Liga 1 2019, Persija Jakarta.

Bila benar ke depannya jadi gabung Persija Jakarta, Xandao berpotensi memecahkan dua rekor sekaligus. Terutama soal rekor di kancah Liga 1 2019, Xandao berpeluang menyabet status sebagai pemain dan bek termahal.

Harga Xandao saat ini berdasarkan data dari situs Transfermarkt diperkirakan berada di kisaran 700 ribu euro atau Rp11 miliar. Tak ada satu pun pemain dan bek di Liga 1 2019 yang bisa menyamai atau bahkan melebihi harga dari Xandao tersebut.

Pemain termahal Liga 1 2019 saat ini dipegang oleh gelandang Bali United, Brwa Nouri. Pemain asal Irak itu diperkirakan Transfermarkt memiliki harga sekitar 650 ribu euro atau Rp10 miliar.

Sedangkan bek termahal, kini masih menjadi miliki penggawa Madura United, Jaimerson. Data Transfermarkt memperlihatkan kalau harga Jaimerson berada di kisaran angka 600 ribu euro atau Rp9,4 miliar.

Sebenarnya tak begitu mengejutkan bila Xandao bisa memiliki harga yang semahal itu. Rekam jejak kariernya saja, pernah dihiasi oleh nama klub top Eropa seperti Sporting Lisbon.

Pada Januari 2012 hingga Febuari 2013, Xandao menjadi andalan bagi lini belakang Sporting Lisbon. Xandao bahkan mampu mencetak gol penentu kemenangan saat Sporting Lisbon menang 1-0 atas Manchester City di ajang Liga Europa.

Selain Sporting Lisbon, Xandao pernah memperkuat sejumlah klub ternama Eropa lainnya. Sebut saja Kuban Krasnodar, Anzhi, Sporting Gijon, dan Cercle Brugge, semuanya pernah merasakan ketangguhan Xandao sebagai seorang bek tengah.

Pertanyaan selanjutnya, apakah harga mahal yang dipunyai Xandao setara dengan kualitas permainannya kini? Sebelum mengetahuinya, mungkin Xandao harus lebih dulu datang dan bergabung ke Persija Jakarta.