Liga Indonesia

Paspor Tak Kunjung Jadi, PSSI Pulangkan Otavio Dutra ke Persebaya

Jumat, 30 Agustus 2019 08:40 WIB
Penulis: Zainal Hasan | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Otavio Dutra di temui awak media usai latihan Persebaya di Lapangan Polda Jatim, Rabu (20/3/19). Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Otavio Dutra di temui awak media usai latihan Persebaya di Lapangan Polda Jatim, Rabu (20/3/19).

INDOSPORT.COM - Mimpi Otavio Dutra untuk membela Timnas Indonesia di ajang resmi pupus sudah. Kini Dutra sudah dipulangkan PSSI ke Persebaya Surabaya.

Otavio Dutra sebelumnya menjadi bagian dalam pemusatan latihan Timnas Indonesia di Bogor. Dutra bersama 25 pemain lainnya disiapkan untuk tampil di babak kualifikasi Piala Dunia menghadapi Malaysia (05/09/19) dan Thailand (10/09/18).

Namun harapan Dutra tampil di dua laga tersebut akhirnya sirna. PSSI  telah mengambil keputusan memulangkan Dutra ke Persebaya.

Dutra dipulangkan PSSI melalu surat resmi yang ditandatangani Sekjen PSSI, Ratu Tisha. Surat bernomor 3296/AGB/668/VIII-2019 PSSI pemulangan ini berdasarkan karena proses administrasi Dutra sebagai WNI tak kunjung beres. 

"Berdasarkan rencana awal proses administrasi alih kewarganegaraan ybs harus diselesaikan segera mungkin agar dapat bermain untuk Tim Nasional," buka kalimat surat tersebut.

"Namun perkembangan terbaru hingga saat ini administrasi yang diharapkan tak kunjung selesai. Oleh karena itu berdasarkan komunikasi internal, PSSI memutuskan untuk mengembalikan sdr Otavio Dutra ke Persebaya," bunyi petikan surat tersebut. 

Dutra sendiri sudah mengambil sumpah sebagai WNI sejak bulan Juli silam. Namun memang proses naturalisasi Dutra ternyata masih terganjal sehingga pemain asal Brasil ini belum memiliki Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan Paspor Indonesia.