Liga Indonesia

Pernah Lawan Real Madrid, ini Statistik Pemain Asing Baru Persija Jakarta Joan Tomas

Sabtu, 31 Agustus 2019 22:28 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Zainal Hasan/INDOSPORT
2 Pemain baru Persija Jakarta, Joan Tomas Campasol dan Fachrudin Aryanto. Copyright: © Zainal Hasan/INDOSPORT
2 Pemain baru Persija Jakarta, Joan Tomas Campasol dan Fachrudin Aryanto.

INDOSPORT.COM - Pernah melawan Real Madrid, berikut statistik mentereng pemain asing baru Persija Jakarta Joan Tomas saat tampil di Liga Spanyol.

Memasuki pekan terakhir bulan Agustus 2019, Persija Jakarta kembali memperkenalkan punggawa asing mereka untuk membantu Macan Kemayoran mengarungi kompetisi Liga 1 di paruh kedua.

Adalah Joan Tomas Campasol, pemain asal Spanyol berusia 34 tahun tersebut berposisi sebagai gelandang serang dan akan mengganti peran yang sebelumnya dipegang Bruno Matos.

Sepanjang kariernya, Joan Tomas lebih banyak merumput di kompetisi sepak bola Spanyol, bahkan dirinya sempat membawa Celta Vigo promosi ke LaLiga Spanyol pada musim 2012/13.

Selain Celta Vigo, klub besar Spanyol yang pernah dibela Joan Tomas adalah Villarreal di divisi dua Spanyol 2009/10. Ia terakhir memperkuat klub Yunani, PAS Lamia.

Sebelum melihat debutnya bersama Persija Jakarta, menarik untuk dinanti kiprah serta statistik sang pemain saat masih tampil di kompetisi Liga Spanyol.

Berikut INDOSPORT.COM coba merangkum dan mengulas statistik pemain baru Persija Jakarta Joan Tomas ketika mentas di negeri matador.

Terdapat empat tim asal Spanyol yang pernah Joan Tomas perkuat yakni Celta de Vigo, Villarreal CF, Alicante CF serta Unió Esportiva Lleida.

Dari kesemua klub tersebut, mungkin catatan bersama Celta Vigo yang berhasil ia bawa promosi ke LaLiga Spanyol pada musim 2012/13 lalu yang paling mentereng.

Selain bersama Celta Vigo, Joan Tomas juga cukup impresif ketika membela tim-tim kasta kedua macam Alicante CF, bahkan dirinya sempat menahan imbang klub sebesar Real Madrid di babak keempat Copa Del Rey tahun 2007 silam.

Tak cuma membantu menahan imbang, Joan Tomas berhasil memberikan satu asis kepada Borja Pérez dan membuat laga berakhir 1-1. Sayang Alicante CF tak bisa melangkah lebih jauh setelah di leg kedua Real Madrid sukses menang tipis 2-1, dan berhak ke babak selanjutnya akibat unggul produktivitas gol.

Tahun 2016 sejatinya Joan Tomas berkesempatan untuk kembali melawan Real Madrid di ajang Copa Del Rey, sayang Celta Vigo tak membawanya dalam pertandingan tersebut.

Selama tampil di Liga Spanyol, Joan Tomas punya statistik yang cukup apik. Tercatat dirinya berhasil menorehkan 122 caps di kasta kedua Liga Spanyol dan membuat 22 gol, sementara di ajang Copa del Rey ia mencatatkan 10 caps dengan raihan 1 gol dan 1 asis.

Joan Tomas yang membawa Celta Vigo promosi ke LaLiga pun sempat mencicipi ganasnya kasta teratas Liga Spanyol, namun sayang menit bermainnya di LaLiga sangatlah kurang.

Hanya 5 caps pertandingan dengan total waktu bermain sekitar 59 menit yang berhasil ia buat, dan tak menghasilkan satu gol atau asis pun dalam laga tersebut.

Meski telah berusia cukup berumur, namun dengan melihat catatan bermain yang cukup mentereng di Eropa, patut dinanti kiprah serta peran Joan Tomas bersama Persija di paruh kedua.

Mampukah sang gelandang asal Spanyol tersebut mengembalikan taji Macan Kemayoran, dan membuat Persija Jakarta kembali bertengger di papan atas klasemen Liga 1 akhir musim nanti.