Bola Internasional

Eks Kapten Timnas Thailand Percaya Indonesia Bisa Jadi Raja Asia Tenggara

Minggu, 1 September 2019 17:55 WIB
Penulis: Rialdi | Editor: Indra Citra Sena
© art4d.com
Logo sepak bola Thailand. Copyright: © art4d.com
Logo sepak bola Thailand.

INDOSPORT.COM - Mantan kapten timnas Thailand, Panupong Wongsa, turut buka suara mengenai peta kekuatan negara Asia Tenggara. Ia menilai Indonesia berpeluang menjadi raja Asia Tenggara di masa depan.

Empat tim kuat Asia Tenggara, yakni Vietnam, Thailand, Malaysia, dan Indonesia, akan saling beradu di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022. Satu tim lainnya adalah Uni Emirat Arab (UEA).

Dalam grup tersebut, Vietnam disebut-sebut sebagai tim terbaik Asia Tenggara, mengalahkan Thailand. Hal itu karena prestasi The Golden Stars baru-baru ini, termasuk berhasil menjuarai Piala AFF 2018.

Namun, Panupong Wongsa, tidak setuju dengan sebutan Vietnam sebagai tim terbaik. Menurut dirinya, tidak ada negara yang sangat superior di Asia Tenggara. 

Kemajuan Vietnam dinilai hanya bersifat sementara. Panupong Wongsa memprediksi bahwa Vietnam bisa kembali menurun dan berganti Malaysia atau Indonesia yang paling hebat di kawasan ASEAN pada masa depan.

"Vietnam bukan tim terbaik di kawasan ini. Sepak bola Asia Tenggara bergerak seperti kurva. Pada saat ini, sepak bola Vietnam membaik, sementara sepak bola Thailand menurun," kata Panupong Wongsa, dikutip dari Bongda.vn.

"Kondisi itu seperti bertahun-tahun yang lalu, ketika Thailand berkembang, sementara Vietnam sedang menurun. Semuanya terjadi dalam siklus," lanjutnya.

"Di Asia Tenggara, tidak ada tim yang memegang monopoli selamanya. Thailand dulunya adalah tim teratas di wilayah ini, tetapi kemudian berpindah ke Vietnam, kemudian Malaysia atau Indonesia," tegasnya menutup.

Panupong Wongsa merupakan bek andalan Timnas Thailand di masa lalu. Pensiun pada 2017, pria 35 tahun itu telah mengoleksi 27 caps bersama skuat Gajah Perang.