Liga Indonesia

Fokus Kalahkan Malaysia, Timnas Indonesia Pantang Pikirkan Urusan Lain

Senin, 2 September 2019 09:45 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Simon McMenemey saat melihat pertandingan Persebaya vs Persib di Stadion GBT. Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Simon McMenemey saat melihat pertandingan Persebaya vs Persib di Stadion GBT. Foto: Fitra Herdian/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Menjelang laga pembuka Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Indonesia vs Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Kamis (5/9/19), pelatih Simon McMenemy mengaku sudah siap.

Dia berharap para pemain bisa melewati Malaysia dengan hasil terbaik. Simon paham betul betapa pentingnya memenangi laga ini bagi segenap masyarakat Indonesia.

"Maka dari itu, saya sudah berbicara pada pemain untuk tetap fokus selesaikan dan berkonsentrasi penuh menatap pertandingan melawan Malaysia," ujar Simon McMenemy, Sabtu (31/9/19). 

"Baru setelahnya baru kembali pikirkan laga melawan Thailand. Jika kami terus berhasil memenangi permainan, baru lihat lagi langkah ke depannya bagaimana," cetus pelatih berpaspor Skotlandia tersebut.

Meski mengakui Grup G cukup berat, Simon tetap optimis bisa memetik kemenangan atas Malaysia. Namun, untuk lolos dan meraih satu tiket ke putaran final Piala Dunia 2022 itu beda urusan.

"Jujur, saya selalu optimis bahwa kami bisa memenangi setiap laga yang akan kami mainkan. Tetapi, jika bicara Piala Dunia kami juga harus realistis," ucapnya.

Simon McMenemy percaya bahwa timnas Indonesia bisa menjadi lebih baik lagi ke depannya dan lolos ke Piala Dunia. Hanya saja, ia menekankan bahwa ambisi besar tersebut membutuhkan proses dan tidak bisa instan.

"Piala Dunia adalah turnamen sepak bola terbaik di dunia, sedangkan kini Indonesia baru berada di ranking ke-159 dunia. Jika berencana terlalu jauh, maka kami akan kecewa," tuturnya. 

"Namun, saya di sini akan selalu berusaha agar Indonesia bisa lebih berkembang, pemainnya bermain jauh lebih baik, dan rankingnya bisa naik secara perlahan," pungkas Simon McMenemy.