Liga Indonesia

Resmi Bergulir, Liga 3 Zona Sumut Diikuti 26 Klub

Senin, 2 September 2019 09:24 WIB
Penulis: Aldi Aulia Anwar | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Salah satu pertandingan Liga 3 2019 Zona Sumut. Copyright: © Aldi Aulia Anwar/INDOSPORT
Salah satu pertandingan Liga 3 2019 Zona Sumut.

INDOSPORT.COM - Kompetisi Liga 3 2019 zona Sumatera Utara (Sumut) akhirnya resmi bergulir. Kompetisi yang digelar Asosiasi Provinsi (Asprov) PSSI Sumut ini diikuti sebanyak 26 klub dari berbagai daerah di provinsi ini.

Ketua Umum Asprov PSSI Sumut, Kodrat Shah, melalui Sekertaris Umum Fityan Hamdy, mengatakan bahwa seyogyanya event ini diikuti 30 klub. Namun, karena ada sesuatu hal, sehingga jumlah peserta berkurang.

"Awal ada 30 tim. Namun karena soal administrasi secara online dan hal lainnya, akhirnya hanya 26 tim yang ikut," katanya kepada INDOSPORT, di sela-sela laga pembuka salah satu grup Liga 3 Zona Sumut di Kabanjahe, Kabupaten Karo, Minggu (1/9/2019) sore.

Lebih lanjut, Fityan mengatakan tiga tim seperti Agtagana FC, PS Sergai (Serdang Bedagai) dan Kurnia Medan City, gugur karena administrasi secara sistem online ditolak.

"Namun, beda halnya dengan Deli Serdang United. Mereka diterima sistem karena 15 pemain mereka sudah terdaftar. Namun, di antara 15 pemain itu tidak ada kiper sehingga mereka mengajukan mundur," beber Fityan.

Lebih lanjut ia mengatakan, ke-26 tim ini dibagi dalam 4 wilayah dengan rincian 5 pool (pool A-E). 4 wilayah tersebut yakn di Deli Serdang, Karo, Simalungun-Pematang Siantar dan Tanjung Balai.

"Di wilayah Deli Serdang ada 2 pool. Sedangkan di wilayah lainnya hanya satu pool. Masing-masing pool diisi 5 tim, hanya di pool D yang diisi 6 tim," bebernya.

Mantan Sekretaris klub PSMS itu menambahkan, kompetisi ini dibagi dalam beberapa tahap yakni tahap pertama yakni diikuti 26 tim dan terbaik pertama dan kedua masing-masing grup berhak melaju ke babak selanjutnya. Dijadwalkan tahap pertama ini berakhir hingga 10 September 2019 mendatang.

"Juara dan runner-up grup berhak melaju ke babak selanjutnya yakni babak 10 besar. Nantinya 10 tim ini dibagi lagi ke dalam dua pool (pool F-G). Setelah itu juara dan runner-up dari 10 besar itu berhak melaju ke semifinal. Untuk jadwal tahap kedua dan semifinal belum kita tetapkan," pungkasnya.

Berikut pembagian grup Liga 3 2019 Zona Sumut: 

Pool A : PSDS Deli Serdang, Medan Soccer FC, Medan Utama FC, Polres Deli Serdang FC, PS Harjuna Putra.

Pool B : PS Bhinneka, Gumarang FC, PS Patriot Disporasu, PS Keluarga USU Medan, PS Kwarta.

Pool C : Karo United FC, Bansar FC Gebang, Binjai United, Victory Dairi FC, PS TGM Medan.

Pool D : Persesi Siantar, Mandailing Raya FC, Toba Samosir FC, RBS FC Padang Sidempuan, Batak United, PSSD Dairi.

Pool E : Tanjung Balai United, PS Taruna Satria Tebing Tinggi, PS Bintang Utara Rantau Prapat, Mencirim City FC, Poslab Labuhan Batu.

1