Liga Indonesia

Tangkal Emosi Lawan Malaysia, Simon McMenemy Punya Metode Tersendiri

Senin, 2 September 2019 13:45 WIB
Penulis: Shintya Maharani | Editor: Indra Citra Sena
© Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Simon McMenemy, Pelatih Timnas Indonesia Senior. Copyright: © Shintya Anya Maharani/INDOSPORT
Simon McMenemy, Pelatih Timnas Indonesia Senior.

INDOSPORT.COM - Sudah menjadi rahasia umum bila rivalitas Indonesia dengan Malaysia dalam lapangan hijau sangat kuat terasa. Bahkan, laga antarnegara serumpun ini disebut-sebut sebagai El Clasico versi Asia Tenggara.

Pelatih timnas Indonesia, Simon McMenemy, ternyata sangat memahami situasi tersebut. Dengan jujur ia mengaku sedikit kerepotan dalam mengatur emosi para pemain agar tetap stabil selama laga nanti.

"Sungguh hal yang sangat sulit dilakukan ya, nggak gampang. Jujur buat saya tidak mudah untuk mengontrol emosi semua pemain di dalam lapangan karena jika ada reaksi pasti karena ada aksi," ujar Simon McMenemy, Sabtu (31/8/19).

Namun, sebagai pelatih Simon terus mengingkatkan skuat didikannya untuk dapat lebih tenang dalam menghadapi laga krusial tersebut. Kontrol emosi sangat penting ketika menghadapi Malaysia.

"Saya selalu mengingatkan pemain tentang hal yang penting, yakni mengontrol diri. Saya tahu mungkin saya tak bisa selalu mengontrol mereka. Para pemain perlu mengontrol dirinya sendiri. Semoga saja pengalaman mereka sebagai profesional bisa membantu," kata Simon.

Ada satu pesan penting yang selalu Simon sampaikan kepada pemainnya sebelum memulai laga. Pelatih berkebangsaan Skotlandia ini meminta Stefano Lilipaly dkk. menanamkan kebiasaan mematangkan rencana.

"Tentang rencana dan penampilan kalian (pemain), taruh itu semua di kepala dan kami semua akan bermain bagus hari ini," pungkas Simon McMenemy.

Laga pembuka Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Indonesia kontra Malaysia akan digelar di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Kamis (5/9/19).