Liga Inggris

Bursa Transfer Buat Liverpool dan Manchester United Akur, Kok Bisa?

Rabu, 4 September 2019 11:06 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© engagedinvestor.co.uk
Ilustrasi bursa transfer sepakbola. Copyright: © engagedinvestor.co.uk
Ilustrasi bursa transfer sepakbola.

INDOSPORT.COM – Liverpool akan bergabung dengan Manchester United dan sejumlah klub lainnya dalam pemungutan suata terkait perpanjangan deadline bursa transfer Liga Inggris.

Dilansir dari Sport Metro, sejumlah klub papan atas di Liga Inggris melupakan sejenak rivalitas mereka di atas lapangan demi mengakhiri kebijakan penutupan bursa transfer lebih awal. Mereka akan melakukan pemungutan suara pada pertemuan pekan depan, Kamis (12/09/19).

Liverpool merupakan salah satu tim Inggris yang akan hadir di pertemuan tersebut, termasuk rival abadinya, Manchester United, serta Manchester City. Diketahui, ketiga klub ini pernah mengambil posisi yang berlawanan dengan rencana tersebut.

Ya. Dua tahun lalu, Liverpool dan klub-klub lainnya pernah memberikan suara untuk menutup bursa transfer sebelum awal musim guna mengakhiri ketidakpastian yang melingkupi para pemain daan klub di beberapa laga perdana musim.

Akan tetapi, perubahan tenggat waktu tersebut tidak diikuti oleh liga-liga lainnya di Eropa. Serie A Italia, Laliga Spanyol, Bundesliga Jerman hingga Ligue 1 Prancis masih menerapkan sistem lama.

Seiring berjalannya waktu, perbedaan deadline bursa transfer ini menimbulkan masalah baru. Klub-klub Liga Inggris merasa terganggu karena tim rival di luar Inggris masih berkutat dengan jual beli pemain selama tiga minggu setelah deadline di Inggris.

Sejumlah klub terganggu oleh pemainnya yang ingin dijual ke luar Inggris, sementara mereka tidak bisa mendatangkan penggantinya lantaran terhalang kebijakan tersebut.

Tottenham Hotspur, misalnya, sempat dibuat pusing dengan situasi Christian Eriksen. Sedangkan Manchester United juga nyaris dibuat frustasi dengan keinginan hengkang bintangnya, Paul Pogba.

Pelatih Liverpool, Jurgen Klopp, sebelumnya sudah mempertegas posisinya. Pelatih asal Jerman itu ingin bursa transfer harus ditutup pada saat yang sama dengan seluruh Eropa. Hal ini juga diamini oleh pelatih Tottenham Hotspur, Mauricio Pochettino.

Liga Inggris membutuhan mayoritas suara 10 dari 20 klub untuk bisa mengesahkan perubahan deadline bursa transfer sampai akhir Agustus. Keputusan ini masih akan dilakukan pemungutan suara lagi pada bulan November untuk menilai dampak perubahan deadline.