Liga Indonesia

Jacksen Tiago Bicara Soal Peluang Pemain Muda Persipura

Rabu, 4 September 2019 15:11 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago . Copyright: © Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago .

INDOSPORT.COM - Juru racik Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago sebelumnya telah mengatakan jika dirinya berhasrat untuk bisa kembali mengorbitkan para pemain muda yang berasal dari tim akademi untuk memperkuat tim senior di Shopee Liga 1 2019.

Jacksen pun mengaku jika para pemain muda yang kini berada di dalam skuat Persipura senior seperti Todd Rivaldo Ferre, Gunansar Mandowen, Kevin Rumakiek, Ronaldo Wanma dan lainnya punya kans besar untuk menjadi tumpuan Persipura di generasi berikutnya.

Hanya saja, Jacksen mengakui jika dirinya masih punya PR yang harus diselesaikan yakni menyelaraskan visi para pemain muda dan pemain senior, agar menurutnya tak ada lagi gap antar pemain dalam skuatnya.

"Soal pemain muda, dari dulu orang tahu bahwa Persipura punya pemain-pemain dengan kemampuan yang luar biasa terutama dari faktor skill individu maupun fisik."

"Tinggal bagaimana kita mengarahkan itu kepada kolektif permainan dan terutama pemain muda ini kita akan membuat mereka mengejar gap yang ada dengan pemain senior," ujar Jacksen kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Rabu (04/09/19).

Jacksen juga berharap, dengan segudang pengalaman yang dimiliki oleh pemain seniornya bisa menular ke para pemain muda untuk cepat berkembang.

Pelatih sepak bola asal Brasil ini menuturkan, kondisi tersebut sama halnya sewaktu ia pertama kali tiba di Jayapura pada 2008 silam, yang mana skuat Persipura kala itu berisikan perpaduan pemain senior dan pemain muda.

"Saya rasa pemain yang muda ini harus mengejar ketertinggalan gap dan semoga dengan pengalaman kita bisa membantu pemain muda untuk terus berkembang," jelasnya.

"Seperti pengalaman saya dulu dengan Manu, Boaz, Ian Kabes, Ricardo dan Tipa yang masih muda dengan Jack Komboy dan Eduard Ivakdalam. Dan mungkin dengan pengalaman itu yang akan membantu pekerjaan saya disini," tandasnya.