In-depth

Peta Kekuatan per Lini Malaysia yang Wajib Diwaspadai Timnas Indonesia

Rabu, 4 September 2019 19:10 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© fam.org.my
Skuat Timnas Malaysia saat pertandingan putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. (Foto: fam.org.my) Copyright: © fam.org.my
Skuat Timnas Malaysia saat pertandingan putaran pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia. (Foto: fam.org.my)

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia akan menjalani pertandingan penting dalam ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Malaysia pada Kamis (05/09/19) malam WIB. Nantinya, pertandingan Timnas Indonesia vs Malaysia akan dimainkan di Stadion Gelora Bung Karno.

Jika melihat penampilan terakhir kedua tim, Timnas Indonesia dan Malaysia terbilang sama kuat. Mereka sama-sama tumbang saat menjalani pertandingan melawan tim Timur Tengah, yakni Yordania.

Sayangnya, Timnas Indonesia menelan kekalahan yang lebih menyakitkan dibandingkan dengan Malaysia. Tim Garuda Merah Putih dipaksa menyerah 1-4, sedangkan Malaysia hanya kalah 0-1 atas Yordania.

Akan tetapi hasil pertandingan itu nyatanya tak bisa menjadi tolok ukur untuk hasil laga Timnas Indonesia vs Malaysia nanti. Karena bukan sepak bola namanya jika tidak menghadirkan sejumlah kejutan di dalamnya.

Terlepas dari itu, kali ini INDOSPORT mencoba untuk membahas kekuatan per lini Malaysia yang wajib diwaspadai Timnas Indonesia pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Kiper

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Jumpa pers Timnas Malaysia jelang laga Pra Piala Dunia 2019 melawan Timnas Indonesia yang dihadiri pelatih Tan Cheng Hoe dan perwakilan pemain kiper Farizal Marlias di Media   Center Stadion GBK Senayan, Jakarta (04/09/19). Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTJumpa pers Timnas Malaysia jelang laga Pra Piala Dunia 2019 melawan Timnas Indonesia yang dihadiri pelatih Tan Cheng Hoe dan perwakilan pemain kiper Farizal Marlias di Media Center Stadion GBK Senayan, Jakarta (04/09/19).

Pelatih Malaysia Tan Cheng Hoe kemungkinan besar bakal mempercayakan penuh tugas penjaga gawang kepada Farizal Marlias. Pada tahun 2019 ini, dirinya telah memainkan tiga laga bersama Malaysia dan hanya kebobolan dua gol.

Itu terjadi ketika Malaysia berhasil mengalahkan Nepal di laga persahabatan dengan skor 2-0, dan membantai habis Timor Leste 7-1 di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 putaran pertama. Terakhir, ia kebobolan satu gol saat kalah 0-1 atas Yordania di laga uji coba.

Kiper berusia 33 tahun tersebut memang sudah memiliki banyak pengalaman di persepakbolaan Malaysia, sehingga dirinya dipercaya menjadi kapten. Sama seperti Andritany Ardhiayasa, Marlias juga sosok kiper yang cukup sulit ditembus.

Barisan Pertahanan

© twitter.com/fam_malaysia
Pemain Malaysia Shahrul Saad usai mencetak gol ke gawang Nepal, Minggu (02/06/19). Copyright: twitter.com/fam_malaysiaPemain Malaysia Shahrul Saad usai mencetak gol ke gawang Nepal, Minggu (02/06/19).

Dalam beberapa pertandingan terakhir, Malaysia hampir tidak pernah menggantikan peran Matthew Davies, La’Vere Corbin-Ong, Shahrul Saad, dan Adam Nor Azlin di barisan pertahanan.

Terhitung, hanya saat melawan Timor Leste di leg kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 putaran pertama, pelatih Tan Cheng Hoe tak memainkan empat pemain itu secara berbarengan.

Pada laga itu, Corbin-Ong digantikan oleh Syazwan Andik Ishak. Akan tetapi, tiga pemain sisanya, tetap dipercaya untuk mengisi barisan pertahanan Malaysia.

Keempat pemain tersebut nyatanya cukup membuat Yordania kesulitan untuk membongkar pertahanan Malaysia. Alhasil, pembantai Timnas Indonesia itu hanya mampu menang tipis 1-0 atas Harimau Malaya.

Selain kokoh, dua bek sayap Malaysia, Matthew Davies dan Corbin-Cong juga cukup rajin membantu membongkar pertahanan lawan dari sisi lapangan. Para pemain Timnas Indonesia pun disarankan untuk berhati-hati dengan pergerakan dua pemain tersebut.