Liga Indonesia

Bukti Level Pemain Timnas Indonesia Lebih Bagus Ketimbang Malaysia

Kamis, 5 September 2019 16:54 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© Herri Ibrahim/INDOSPORT
Official training Timnas Indonesia di stadion GBK Senayan, Jakarta, Rabu (04/09/19). Copyright: © Herri Ibrahim/INDOSPORT
Official training Timnas Indonesia di stadion GBK Senayan, Jakarta, Rabu (04/09/19).

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia dan Malaysia telah memanggil beberapa pemain untuk menjalani pertandingan penting di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022. Lebih dari 20 pemain yang dipanggil untuk menjalani pertandingan Timnas Indonesia vs Malaysia, Kamis (05/09/19).

Dari pemanggilan yang dilakukan pelatih Simon McMenemy dan Tan Cheng Hoe, bisa dilihat level pemain yang dimiliki Timnas Indonesia dan Malaysia. Meski tidak menjadi tolok ukur, akan tetapi kualitas skuat yang dimiliki kedua tim bisa dilihat secara garis besar.

Timnas Indonesia pun bisa dikatakan memiliki skuat yang levelnya lebih tinggi dibandingkan dengan rivalnya. Hal itu terbukti ketika Tim Garuda lebih banyak memiliki pemain yang berkarier di luar negeri.

Terhitung, ada tiga pemain Timnas Indonesia yang bermain di luar Liga 1. Pemain yang dimaksud adalah Victor Igbonefo (PTT Rayong), Yanto Basna (Sukhothai), dan Saddil Ramdani (Pahang FA).

Hebatnya, tiga pemain itu tak hanya sekedar menghiasi skuat klubnya masing-masing. Karena ketiga pemain tersebut bisa dikatakan sebagai pilar utama di klubnya tersebut. Ini membuktikan bahwa kualitas pemain Indonesia juga masih terpakai di kancah internasional.

© Herri Ibrahim/INDOSPORT
Official training Timnas Malaysia di Stadion GBK Senayan, Jakarta, Rabu (04/09/19). Copyright: Herri Ibrahim/INDOSPORT
Official training Timnas Malaysia di Stadion GBK Senayan, Jakarta, Rabu (04/09/19).

Sedangkan skuat pilihan Tan Cheng Hoe justru didominasi oleh sejumlah pemain yang berkarier di klub Malaysia. Dari 24 pemain yang dipanggil, hanya ada satu nama yang main di luar Malaysia, yakni Dominic Tan Jun Jin.

Pemain kelahiran Singapura tersebut saat ini tengah berkarier di kasta kedua Liga Thailand, Police Tero FC. Pemain bertahan yang masih berusia 22 tahun tersebut dipinjamkan Johor Darul Takzim ke Ploice Tero sejak awal 2019.

Sedangkan 23 pemain sisanya hanya bermain di Liga Malaysia, di mana penggawa Johor Darul Takzim mennjadi yang paling banyak dipanggil oleh pelatih Tan Cheng Hoe (7 pemain). Sedangkan paling banyak kedua adalah Perak dengan enam pemain.

Melihat fenomena ini, bisa dikatakan jika pemain Timnas Indonesia lebih mampu bersaing di kancah internasional dibandingkan dengan pemain Malaysia. Keunggulan ini seharusnya bisa dimanfaatkan oleh para pemain Timnas Indonesia untuk mencuri kemenangan.

Andritany Ardhiyasa dan kawan-kawan harus membuktikan bahwa level Timnas Indonesia memang benar-benar lebih bagus dibandingkan dengan Malaysia. Caranya, mereka wajib mengalahkan Malaysia pada laga perdana Kualifikasi Piala Dunia 2022 nanti malam.