In-depth

Andritany vs Farizal, Tembok Pertahanan Sekaligus Pemimpin Lapangan

Kamis, 5 September 2019 14:28 WIB
Editor: Rafif Rahedian
© indozone.id/gettyimages
Kiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa dan kiper Timnas Malaysia, Farizal Marlias. Copyright: © indozone.id/gettyimages
Kiper Timnas Indonesia, Andritany Ardhiyasa dan kiper Timnas Malaysia, Farizal Marlias.

INDOSPORT.COMTimnas Indonesia bakal menjalani pertandingan penting di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Malaysia di Stadion Gelora Bung Karno, Kamis (05/09/19) malam WIB.

Dalam pertandingan Timnas Indonesia vs Malaysia, dua penjaga gawang yang bakal jadi tembok pertahanan terakhir kedua tim. Tak hanya memiliki peran krusial di lini pertahanan, Andritany Ardhiyasa dan Farizal Marlias punya penting sebagai pemimpin di atas lapangan.

Seperti yang diketahui, pelatih Timnas Indonesia Simon McMenemy telah menunjuk penjaga gawang Persija Jakarta sebagai kapten pada ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 ini. Itu tak terlepas dari banyaknya pengalaman yang dimiliki Andritany.

"Kapten kita adalah Andritany. Kenapa? Karena dia punya pengalaman yang besar, apalagi dia udah sering main di stadion yang full ya, yang penuh dengan penonton yang banyak," katanya.

"Saya kalau memilih kapten, lebih suka kalau kaptennya adalah kiper atau centre back. Kenapa? Karena dia bisa melihat seluruh pertandingan.  Kalau misalnya memilih pemain tengah, pemain depan nanti dia bisa kepalanya kemana mana ya.”

Debut Andritany sebagai kapten Timnas Indonesia terjadi pada pertandingan persahabatan melawan Myanmar pada 25 Maret 2019 lalu. Saat itu, dirinya berhasil menjaga gawang Timnas Indonesia tetap steril dan menang membantu timnya menang dengan skor 2-0.

Pelatih Malaysia Tan Cheng Hoe pun juga memberikan tanggung jawab penuh kepada seorang penjaga gawang untuk menjadi kapten tim. Farizal sendiri memang sudah dipercaya sebagai kapten Malaysia sejak Juni 2019 lalu.

Dirinya pertama kali mengenakan ban kapten terjadi pada pertandingan melawan Nepal di ajang persahabatan. Saat itu, Farizal berhasil mencatatkan clean sheets dan mampu membantu Malaysia menang dengan skor 2-0.