Bola Internasional

Jasrin Jusron, Pencetak Gol Pertama di Sejarah Timnas Indonesia saat Bertemu Malaysia

Kamis, 5 September 2019 15:47 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Cosmas Bayu Agung Sadhewo
© Grafis: Indosport.com
Pertandingan Indonesia vs Malaysia. Copyright: © Grafis: Indosport.com
Pertandingan Indonesia vs Malaysia.

INDOSPORT.COM - Kenali sosok Jasrin Jusron, sang pencetak gol dan brace pertama dalam sejarah Timnas Indonesia saat bertemu dengan Malaysia.

Timnas Indonesia sendiri akan kembali bertemu dengan salah satu rival abadi mereka di level ASEAN yakni Malaysia di ajang kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, pada Kamis (05/09/19) malam WIB.

Bertanding di stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Timnas Indonesia bertindak sebagai tuan rumah terlebih dahulu dan berharap bisa meraih kemenangan untuk mempermudah langkah Garuda menuju babak selanjutnya.

Secara statitik pertemuan kedua kesebelasan, Timnas Indonesia memang sedikit lebih suporior ketimbang Malaysia di mana skuat Merah-Putih berhasil meraih 39 kemenangan dari 95 pertandingan.

Sementara Malaysia hanya meraih 35 kemenangan dan sisanya berakhir dengan hasil imbang. Salah satu kemenangan terbesar Malaysia atas Indonesia diraih dalam ajang Piala Merdeka tahun 1976, di mana Negeri Jiran mampu menang 7-1 atas skuat Garuda.

Jelang pertemuan ke-96 pada sore nanti, berikut beberapa fakta menarik yang pernah terjadi dalam pertandingan Timnas Indonesia vs Malaysia sepanjang sejarah.

Salah satunya ialah pencetak gol pertama Indonesia ke gawang Malaysia, yang sekaligus jadi kemenangan perdana Garuda atas Negeri Jiran.

Pertemuan pertama Timnas Indonesia vs Malaysia sendiri terjadi di Piala Merdeka pada 7 September tahun 1957, dalam laga tersebut Indonesia berhasil meraih kemenangan 2-4 atas Malaysia yang juga tuan rumah turnamen.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Merdeka Stadium tersebut, Timnas Indonesia sempat tertinggal lebih dahulu oleh Malaysia lewat gol Abdul Ghani Minhat menit ke-18. Ini menjadi gol pertama dalam sejarah pertemuan Timnas Indonesia vs Malaysia.

Indonesia sempat menyamakan kedudukan menjadi 1-1 lewat gol Jasrin Jusron menit ke-32, namun jelang babak pertama berakhir Malaysia kembali mencetak dan berbalik unggul lewat brace Abdul Ghani Minhat menit 40'.

Abdul Ghani Minhat pun menjadi pencetak brace pertama dalam duel Timnas Indonesia vs Malaysia dalam sejarah, namun sayang ia tak bisa menjadi pahlawan dan menghantarkan Malaysia menang di laga ini.

Setelah babak kedua dimulai, Timnas Indonesia bak 'kesetanan' dan berhasil mencetak tiga gol tambahan yang masing-masing dicetak oleh Jasrin Jusron menit 70', sekaligus menjadikan dirinya sebagai pemain Indonesia yang bisa mencetak brace ke gawang Malaysia.

Serta brace kedua Indonesia yang dicetak oleh Saari menit ke 55' dan 63'. Pertandingan pun berakhir dengan keunggulan Indonesia 2-4, dan menghantarkan skuat Garuda menjadi juara grup diatas Vietnam Selatan dan Malaysia.

Sejarah pun mencatat jika Jasrin Jusron menjadi pemain Indonesia pertama yang mampu mencetak gol sekaligus brace ke gawang Malaysia, serta membawa Merah-Putih meraih kemenangan perdana atas sang rival.