Bola Internasional

Sama Seperti Egy, Kedatangan Pemain Vietnam Bikin Followers Klub Belanda Melonjak

Kamis, 5 September 2019 19:14 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Yohanes Ishak
© Fox Sports Asia
Kedatangan Doan Van Hau ke Heerenveen membuat akun media sosial klub Belanda tersebut melonjak tajam. Copyright: © Fox Sports Asia
Kedatangan Doan Van Hau ke Heerenveen membuat akun media sosial klub Belanda tersebut melonjak tajam.

INDOSPORT.COM – Kedatangan Doan Van Hau ke SC Heerenveen (31/8/19) ternyata membuat sensasi yang cukup besar. Hal tersebut terlihat dengan melonjaknya jumlah pengikut media sosial klub kontestan Eredivisie Belanda 2019/20 tersebut.

Dilansir dari situs Vocketfc, laman Facebook Heerenveen kini memiliki 301 ribu pengikut (per 5/9/19). Jumlah tersebut mencatatkan lonjakan hanpir lima kali lipat. Sebelum Van Hau hadir, tepatnya pada Agustus 2019, klub tersebut hanya memiliki sekitar 70 ribu pengikut.

Situs yang sama juga menyebutkan bahwa sebagian besar dari mereka adalah publik Vietnam. Pasalnya, saat sesi pengenalan Van Hau, siaran langsung Facebook ditonton lebih dari 1 juta orang dan dipenuhi belasan ribu komentar berbahasa Vietnam.

Hal ini menunjukkan bawa pasar sepak bola Asia Tenggara memiliki potensi yang sangat besar. Pada 2017 lalu, suporter Indonesia ramai mengikuti akun Lechia Gdansk saat Egy Maulana Vikri resmi diperkenalkan sebagai pemain baru.

Kehadiran Egy saat itu membuat pengikut Instagram Lechia naik berkali-kali lipat. Hingga saat ini, klub juara Piala Polandia 2018/19 itu memiliki pengikut Instagram terbanyak di antara klub Polandia lain, yakni sekitar 330 ribu.

Doan Van Hau sendiri didatangkan dengan status pinjaman dan opsi pembelian pada akhir musim. Bek berusia 20 tahun ini akhirnya berlabuh ke Belanda setelah beberapa waktu sebelumnya dirumorkan akan ke Austria Wien. Ia pun terdaftar dalam skuat Timnas Vietnam di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022.