Bola Internasional

Laga Kontra Malaysia Rusuh, Netizen Ramai-ramai Minta FIFA Hukum Timnas Indonesia

Jumat, 6 September 2019 20:07 WIB
Penulis: Petrus Tomy Wijanarko | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Salah satu suporter Timnas Indonesia dengan wajah tertutup sempat turun ke pinggir lapangan, Kamis (05/09/2019). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Salah satu suporter Timnas Indonesia dengan wajah tertutup sempat turun ke pinggir lapangan, Kamis (05/09/2019).

INDOSPORT. COM - Momen rusuh yang menghiasi laga Timnas Indonesia vs Malaysia ternyata berbuntut panjang. Teranyar, netizen banyak yang meminta FIFA untuk segera menghukum Timnas Indonesia.

Sebuah laga panas bertajuk derby negara serumpun antara Timnas Indonesia vs Malaysia, baru saja tergelar pada Kamis (05/09/19) kemarin. Laga tersebut merupakan pertandingan pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022 babak kedua Grup G zona Asia.

Pertandingan yang dihelat di markas Timnas Indonesia, Stadion Gelora Bung Karno, berakhir untuk kemenangan tim tamu. Malaysia mampu memberikan kejutan dan mengandaskan Timnas Indonesia dengan skor 3-2.

Terlepas dari hasil kemenangan Malaysia, jalannya laga kemarin ternyata dinodai oleh insiden heboh. Pertandingan Timnas Indonesia vs Malaysia sempat dihentikan sementara oleh wasit akibat adanya kericuhan antara oknum suporter.

Sejumlah oknum suporter Timnas Indonesia coba menerobos penjagaan dan berlari ke arah tribune pendukung Malaysia. Bahkan, menurut pantauan INDOSPORT, ada pula oknum suporter Timnas Indonesia yang melemparkan smoke bomb atau bom asap, hingga menyebabkan pendukung Malaysia terluka.

Segala kejadian rusuh yang menghiasi laga, lantas ramai di mana-mana. Pemberitaan hingga media sosial, belakangan banyak dihiasi oleh pembahasan mengenai topik ini.

Khusus di jagat media sosial, ada fenomena yang memperlihatkan netizen meminta FIFA menghukum Timnas Indonesia. Fenomena itu tertera pada kolom komentar unggahan akun Instagram resmi FIFA hari Jumat (06/09/19) ini.

FIFA mengunggah cuplikan video rangkuman pertandingan Kualifikasi Piala Dunia antara Somalia vs Zimbabwe. Video berisi cuplikan gol serta momen-momen penting laga.

Namun kalau dilihat dalam kolom komentar, pembahasan netizen begitu menjauh dari laga Somalia vs Zimbabwe. Netizen malah banyak yang menyuarakan agar FIFA segera menghukum Timnas Indonesia.

Seperti akun @khan.idz yang dengan kalimat cukup panjang menyerukan keluh kesahnya. Akun @khan.idze menuliskan kalimat yang intinya menunggu kebijakan FIFA atas perlakuan suporter Timnas Indonesia di laga kontra Malaysia kemarin.

"Kepada FIFA dan AFC, saya mohon untuk mengambil kebijakan dan mendiskualifikasi Indonesia dari segala jenis kompetisi sepak bola. Suporter Indonesia menyerang pendukung Malaysia dengan lemparan batu dan ini adalah tindakan yang tak dapat diterima serta membahayakan. Atas perhatiannya, saya ucapkan terima kasih," tulis akun @khan.idz pada kolom komentar unggahan FIFA.

Sebenarnya masih ada banyak lagi netizen yang menyuarakan hal serupa. Ada pula muncul sebuah gerakan netizen yang diwakili dengan tagar #banindonesia.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by FIFA World Cup (@fifaworldcup) on

Pertanyaan selanjutnya, apakah FIFA akan menanggapi keluhan para netizen tersebut? Biar waktu saja yang menjawabnya.