Bola Internasional

Menpora Malaysia Siap Laporkan Ulah Tak Terpuji Suporter Indonesia

Jumat, 6 September 2019 07:33 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Prio Hari Kristanto
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Menpora Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman. Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Menpora Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman.

INDOSPORT.COM - Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Malaysia, Syed Saddiq Syed Abdul Rahman, siap melaporkan ulah tak terpuji suporter Indonesia di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Syed Saddiq melalui unggahan lewat akun media sosial Instagram resmi pribadinya, Kamis (05/09/19).

Syed Saddiq hadir untuk menonton pertandingan Timnas Indonesia vs Malaysia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Senayan, Jakarta.

Dirinya sempat membaur dengan penonton dari Malaysia di tribun khusus yang disiapkan panitia pelaksana pertandingan Indonesia.

Akan tetapi Syed Saddiq mendapat perlakuan kurang mengenakan, lantaran ada terduga oknum suporter Indonesia yang tiba-tiba melakukan tindakan kurang terpuji ke pendukung Malaysia.

 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 
 

A post shared by Syed Saddiq (@syedsaddiq) on

"Objek besi, botol, dan suar dicampak kepada kami beberapa kali. Terdapat juga beberapa penyokong Indonesia juga cuba merempuh kawasan Malaysia dan perlawanan terpaksa dihentikan seketika," tulis Syed.

Pria berusia 26 tahun ini juga diberitahu oleh FAM (Football Association of Malaysia) bahwa mereka akan membuat aduan resmi kepada FIFA.

"Saya juga akan membuat laporan resmi kepada pemerintah Indonesia dan rekan-rekan saya di sana," jelas Syed.

Dirinya menegaskan kalau rusuh tidak akan ditoleransi dengan cara apapun. Keselamatan pemain dan pendukung Malaysia adalah prioritasnya.

Pascapertandingan pun, Menpora Malaysia tak bisa langsung keluar stadion. Dirinya dan pendukung Malaysia diamankan oleh pihak keamanan Indonesia untuk menunggu keadaan mereda.

© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Salah satu suporter Timnas Indonesia dengan wajah tertutup sempat turun ke pinggir lapangan, Kamis (05/09/2019). Copyright: Herry Ibrahim/INDOSPORTSalah satu suporter Timnas Indonesia dengan wajah tertutup sempat turun ke pinggir lapangan, Kamis (05/09/2019).

Baginya perlakuan kurang terpuji dari terduga suporter Indonesia adalah peristiwa menyedihkan bagi industri sepak bola yang seharusnya menjadi media pemersatu. 

"Saya berjanji untuk menuntut keadilan bagi orang Malaysia," tegas Syed.

Di sisi lain, Timnas Indonesia harus menelan kekalahan pertama di babak Kualifikasi Piala Dunia 2022 dari Malaysia dengan skor akhir 2-3.