Liga Indonesia

Selamat Ulang Tahun, Uston Nawawi! Legenda Sekaligus Top Scorer Persebaya

Jumat, 6 September 2019 17:30 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas Indrawijaya | Editor: Nugrahenny Putri Untari
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Fans Persebaya Surabaya tentu tak asing dengan nama salah satu legenda sepak bola Indonesia yang pernah memperkuat Bajul Ijo pada akhir 90-an, Uston Nawawi.

Pria yang pada hari ini, Jumat (06/09/19) tepat berusia 42 tahun tersebut malang melintang di kompetisi Tanah Air sebagai pemain tengah. Namanya mulai berkibar saat menjalani laga debut bersama Persebaya pada 17 November 1996 melawan Persijatim Jakarta Timur.

Pada musim debutnya tersebut, Uston Nawawi mampu mengantarkan Persebaya Surabaya menjuarai Liga Indonesia musim 1996/97. Pria berjuluk 'Super Uston' ini pun tetap setia membela Bajul Ijo hingga tahun 2002.

Uston Nawawi lalu melanjutkan kariernya bersama PSPS Pekanbaru. Usai satu musim merantau di Sumatra, mantan penggawa Deltras Sidoarjo ini kembali ke Surabaya dan bergabung dengan Persebaya.

Prestasi pun kembali ia torehkan bersama Persebaya. Pada tahun 2004, ia mengantarkan The Green Force kembali menjuarai liga setelah unggul selisih gol dengan pesaing terdekatnya, PSM Makassar.

Akrabnya Uston dengan gelar pun tak hanya bersama Persebaya semata. Bersama Persisam Samarinda dan Persebaya DU (cikal bakal Bhayangkara FC), ia mampu meraih gelar juara liga divisi dua Indonesia.

Tak hanya di klub, kariernya bersama Timnas Indonesia pun terhitung moncer. Uston Nawawi pertama kali dipanggil ke Pelatnas pada era Henk Wullems untuk perhelatan SEA Games 1997. Kariernya di Skuat Garuda pun berlanjut hingga gelaran Piala Tiger 2000.

Tercatat, pria kelahiran Sidoarjo ini telah 48 kali membela Merah Putih dengan torehan 14 gol, namun catatan pribadi terbaiknya adalah saat di Persebaya. Tak banyak yang tahu, meski berposisi gelandang, ia merupakan top scorer Bajul Ijo dengan torehan 63 gol dalam 165 kali penampilan.

Kini Uston telah gantung sepatu dan tetap aktif di lapangan sebagai pelatih. Seakan tak ingin melupakan jasa klub yang membesarkan namanya, ia pun menerima pinangan untuk melatih Persebaya U-20 menggantikan mantan rekan setimnya, Bejo Sugiantoro.

Uston Nawawi pun menjalani kesibukannya sebagai pelatih Persebaya Surabaya U-20 dengan menemani anak asuhnya yang berlaga di Liga 1 U-20 2019. Sejauh ini, mereka telah melangkah hingga babak delapan besar.

Patut dinanti bagaimana kiprahnya di tepi lapangan, apakah akan secemerlang kariernya sebagai pemain? Selamat ulang tahun, Uston Nawawi!