Liga Indonesia

Persebaya Alami Kemajuan, Wolfgang Pikal Fokus Benahi Organisasi dan Fisik Pemain

Sabtu, 7 September 2019 10:55 WIB
Penulis: Fitra Herdian Ariestianto | Editor: Indra Citra Sena
© Fitra Herdian/INDOSPORT
Wolfgang Pikal memimpin latihan di Lapangan Polda Jatim, Rabu (4/9/19). Copyright: © Fitra Herdian/INDOSPORT
Wolfgang Pikal memimpin latihan di Lapangan Polda Jatim, Rabu (4/9/19).

INDOSPORT.COM - Asisten pelatih Persebaya Surabaya, Wolfgang Pikal, tampak senang usai memimpin latihan di Stadion Gelora Delta Sidoarjo pada Jumat (6/9/19). 

Perasaan itu meliputi hatinya lantaran tim yang ia pimpin mengalami kemajuan dalam sentuhan bola. Tugas selanjutnya adalah mengelola pola tersebut menjadi satu kesatuan.

"Dalam dua hari ini terlihat sudah ada kemajuan sehingga latihan hari ini lebih bertujuan mengorganisasi tim sekaligus fisik pemain," kata Wolfgang Pikal. 

Kemajuan yang ditunjukkan pemain Persebaya Surabaya tampak amat pesat. Selama dua hari dipoles Pikal, Rendi Irwan dkk. langsung bisa menyerap instruksi yang diberikan mantan asisten pelatih timnas Indonesia itu.

Sayangnya, pada latihan Persebaya sore tadi tidak banyak diikuti oleh pemain. Penyebabnya tidak lain karena sebagian pemain tengah membela timnas Indonesia di beberapa kategori usia.

Total Persebaya kehilangan tujuh pemain, mulai dari Irfan Jaya, Ruben Sanadi, dan Hansamu Yama di timnas senior, lalu Rachmat Irianto serta Osvaldo Haay (U-23), hingga Mochammad Supriadi (U-19). Belum lagi satu pemain asing, Manuchekr Dhzalilov, yang juga harus membela Tajikistan.

Namun, hal tersebut tidak ingin dijadikan alasan oleh Wolfgang Pikal. Dirinya tetap menggeber latihan seperti biasa mengingat sebentar lagi Persebaya Surabaya bakal menjalani putaran kedua Shopee Liga 1 2019 yang berlangsung pada pertengahan September mendatang.