Liga Indonesia

Sejajar dengan Timo Werner, Nama Ezra Walian Masuk Catatan Rekor Gol UEFA

Sabtu, 7 September 2019 15:28 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Ofisial PSM
CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin (kiri) dan Ezra Walian (kanan) Copyright: © Ofisial PSM
CEO PSM Makassar, Munafri Arifuddin (kiri) dan Ezra Walian (kanan)

INDOSPORT.COM – Sosok pemain naturalisasi Indonesia, Ezra Walian, disejajarkan dengan Timo Werner dalam catatan rekor gol UEFA. Ezra Walian tercatat jadi satu di antara beberapa pemain yang mencetak lima gol dalam satu pertandingan.

Sebelum resmi menjadi warga negara Indonesia, Ezra Walian diketahui pernah membela timnas dari tanah kelahirannya, Belanda, yakni pada level U-15 dan U-17. 

Pemain 21 tahun itu menjalani debutnya di Timnas Belanda U-17 berhadapan dengan San Marino di Kualifikasi Euro 2014 pada 19 Oktober 2013 lalu.

Pada pertandingan tersebut,  dia jadi bintang lapangan saat itu juga karena berhasil menyumbang lima gol sekaligus untuk kemenangan Belanda 12-0 atas San Marino.

Kelima golnya itu membuatnya tercatat dalam buku sejarah UEFA. Namanya pun disejajarkan dengan beberapa pemain yang kini terkenal, yakni Nikola Kalinic (Kroasia), Viktor Fischer (Denmark) dan Timo Werner (Jerman).

Keempat pemain tersebut tercatat merupakan pemegang rekor mencetak lima gol dalam sebuah pertandingan antarnegara Eropa level U-17. Sejauh ini, belum ada pemain yang mencetak lima gol atau lebih pada Kualifikasi Piala Eropa U-17 ataupun putaran final Piala Eropa U-17.

Catatan yang masih tertulis di situs resmi UEFA itu masih ada sampai sekarang, meski jebolan akademi Ajax Amsterdam itu sudah beralih paspor Indonesia pada bulan Maret 2017 lalu. 

Dua tahun jadi warga negara Indonesia, Walian masih menunjukkan komitmennya pada sepak bola Indonesia. Dia baru saja menandatangani kontrak jangka panjang selama 3,5 tahun bersama tim papan atas Liga 1, PSM Makassar, Sabtu (07/09/19).

Sebelumnya, Ezra memang berstatus bebas transfer per 30 Juni silam setelah tidak mendapat kontrak permanen saat dipinjam RKC Waalwijk dari Almere City.

Ezra Walian adalah rekrutan keempat PSM Makassar pada jeda kompetisi. Sebelumnya ada Firza Andika, Raphael Maitimo, dan Amido Balde, yang berhasil direkrut.