Bola Internasional

Ingin Carikan 'Pendamping' Bagi Solskjaer, Man United Berniat 'Pulangkan' Edwin van der Sar

Minggu, 8 September 2019 14:30 WIB
Penulis: Edo Bramantio | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Klub sepak bola Liga Inggris, Manchester United, menjajaki kemungkinan merekrut eks kiper legendaris mereka, Edwin van der Sar, sebagai 'pendamping' untuk Ole Gunnar Solskjaer.

Edwin van der Sar memang merupakan penjaga gawang legendaris Manchester United saat masih di era Sir Alex Ferguson, sebelum akhirnya pensiun pada 2011. Dia sempat kembali bermain pada 2016 di klub Belanda, VV Noordwijk. Saat ini, ia tengah menjabat sebagai CEO di Ajax Amsterdam.

Melansir dari laman portal berita olahraga Mirror, Manchester United kabarnya ingin merekrut sosok yang kini berusia 48 tahun itu sebagai direktur di klub Setan Merah. Alasannya, selama bekerja untuk Ajax, Van der Sar mampu menjadi figur yang berpengaruh di Asosiasi Klub Eropa.

Selain itu, pihak Manchester United memang sedang membutuhkan adanya 'pembantu' bagi pelatih mereka, Ole Gunnar Solskjaer. Kemungkinan, rencana tersebut berkaitan dengan penurunan performa klub Liga Inggris itu selama dua musim ini.

Dengan masuknya Van der Sar, pihak klub berharap ia mampu mendampingi Solskjaer untuk mengembalikan kejayaan Manchester United.

Kabarnya, kiper asal Belanda itu juga sudah tahu bahwa saat ini, dirinya menjadi prioritas bagi mantan klubnya itu. Namun, ia masih harus berpikir dua kali untuk benar-benar meninggalkan Ajax. Karena, Van der Sar merasa bahwa situasi saat ini belum memungkinkan baginya untuk meninggalkan raksasa sepak bola Eredivisie Belanda itu.

Karena, Ajax baru saja bisa kembali berlaga bersama klub-klub elite Eropa di Liga Champions. Selain itu, mereka juga sukses mengumpulkan dana sebesar 220 juta poundsterling dari bursa transfer. Situasi ini membuat Van der Sar belum ingin pergi. Karena, ia merasa bahwa fans mereka akan menganggapnya pengkhianat.

Dengan respons dari Van der Sar tersebut, besar kemungkinan bahwa Manchester United tidak akan bisa mendatangkannya dalam waktu dekat. Namun, bukan berarti klub tersebut tidak bisa mendapatkan eks kiper mereka di lain waktu.

Edwin van der Sar mengawali karir sepak bola seniornya bersama Ajax Amsterdam pada 1990-1999. Setelah itu, ia gabung Juventus pada 1999-2001, Fulham pada 2001-2005, Manchester United pada 2005-2011, dan VV Noordwijk pada 2016.