Bola Internasional

Buntut Kericuhan Suporter Indonesia, Dubes Thailand Jamin Keselamatan Timnasnya

Senin, 9 September 2019 15:15 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Dampak kerusuhan vs Malaysia, sanksi FIFA menanti Indonesia. Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Dampak kerusuhan vs Malaysia, sanksi FIFA menanti Indonesia.

INDOSPORT.COM - Duta besar Thailand untuk Indonesia, Songphol Sukchan, menyatakan akan menjamin keselamatan timnasnya di laga kedua Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 sebagai buntut kericuhan suporter timnas Indonesia kala menjamu Malaysia, Kamis (5/9/19).

Songphol menyebutkan bahwa pihaknya telah merancang dua rencana pengamanan untuk pemain dan suporter mereka. Rencana pertama akan melibatkan bantuan Indonesia, sedangkan lainnya adalah persiapan untuk skenario terburuk.

“Kami sudah punya dua cara. Pertama, kami telah menulis surat kepada Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) untuk bantuan pengamanan. Kami berharap kericuhan saat melawan Malaysia tak terjadi lagi,” ucap Songphol Sukchan seperti dilansir SiamSports.

“Rencana kedua adalah untuk antisipasi. Kedutaan Besar Thailand menyiapkan kendaraan besar untuk tim dan para suporter jika terjadi situasi darurat. Meski begitu, saya rasa Indonesia telah belajar dari situasi kemarin,” lanjutnya.

Laga melawan Malaysia sempat dihentikan selama lebih dari lima menit setelah wasit melihat adanya serangan ke arah tribun penonton Malaysia. Tak hanya itu, terdapat oknum penerobos yang berpotensi membawa bahaya di sekitar area lapangan.

Kericuhan tersebut membuat Indonesia terancam mendapatkan sanksi dari FIFA menyusul laporan dari pihak Malaysia. Untuk menghindari keributan serupa, PSSI telah menghimbau kepada para suporter untuk menjunjung tinggi sportivitas.

Berbicara mengenai peluang Thailand, Songphol Sukchan meyakini tim kesayangannya bisa meraih tiga poin. Akan tetapi, Chanathip Songkrasin dkk. perlu mengatasi tekanan timnas Indonesia beserta suporternya yang juga ingin memetik kemenangan perdana.

Rivalitas dan Adu Gengsi Indonesia-Malaysia di GBK!

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
100%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%