Liga Spanyol

Busquets dan Valverde Jadi Penghalang Frenkie de Jong Bersinar di Barcelona

Senin, 9 September 2019 19:27 WIB
Penulis: Zulfikar Pamungkas | Editor: Nugrahenny Putri Untari
© FC Barcelona
Pamor Frenkie de Jong sebagai gelandang pengatur ritme permainan meredup semenjak bergabung dengan Barcelona. Copyright: © FC Barcelona
Pamor Frenkie de Jong sebagai gelandang pengatur ritme permainan meredup semenjak bergabung dengan Barcelona.

INDOSPORT.COM - Tak ada yang meragukan kemampuan Frenkie de Jong di lini tengah, namun sinarnya meredup di Barcelona. Hal ini disinyalir akibat Sergio Busquets dan Ernesto Valverde.

Setidaknya dalam beberapa laga awal LaLiga Spanyol 2019/20, eksplosivitas De Jong tak terlihat dalam mengatur ritme permainan. Hal tersebut terlihat dari hasil minor yang diraih Blaugrana.

Dilansir dari laman berita sepak bola Football Espana, penyebab menurunnya performa Frenkie de Jong di Barcelona adalah kesalahan taktik Ernesto Valverde dan posisi Sergio Busquets. Penempatan De Jong dianggap tidak sesuai dengan posisi yang biasa ia tempati.

Frenkie de Jong terbiasa menjalani perannya di lini tengah sebagai penyuplai bola dan pengatur ritme secara sendiri. Namun Valverde malah memainkannya berduet dengan Sergio Busquets di lini tengah sebagai Double Pivot.

Seperti diketahui, Busquets merupakan pemain dengan tipikal yang serupa dengan De Jong. Peran sama yang keduanya  jalani sebagai pengatur ritme permainan pun dianggap tak efektif dalam formasi yang ditepakan Valverde.

Ernesto Valverde dalam dua laga terakhir Barcelona menempatkan De Jong disebelah kiri Busquets. Padahal, posisi yang ditempati pemain asal Spanyol inilah yang merupakan posisi ideal De Jong.

Alhasil, dengan masih aktifnya Sergio Busquets sebagai pemain utama di lini tengah akan memblok jalan Frenkie de Jong untuk terus memamerkan aksinya, apalagi dalam mengkreasi permainan seperti saat membantu Belanda mengalahkan Jerman, Sabtu (07/09/19) WIB.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%