Liga Indonesia

Mantap! Renovasi Stadion Manahan Solo Sudah Mencapai 99 Persen

Senin, 9 September 2019 15:25 WIB
Penulis: Prabowo | Editor: Indra Citra Sena
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Penampakan Stadion Manahan Solo yang hampir selesai. Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Penampakan Stadion Manahan Solo yang hampir selesai.

INDOSPORT.COM - Proses renovasi Stadion Manahan, Solo, dipastikan segera selesai. Bahkan, proses yang menelan anggaran sekitar Rp300 miliar dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat itu sudah mencapai 99 persen.

"Sekarang tinggal pembersihan saja. Artinya membersihkan sisa-sisa material saat pengerjaan," kata Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Surakarta, Joni Hari Sumantri, Senin (9/9/19).

Dari pantauan INDOSPORT, segala pembangunan di berbagai sisi telah rampung, mulai dari pemasangan atap di seluruh tribun, kursi single seat, dua papan skor digital, lampu penerangan, hingga ruang ganti pemain dsb.

Joni Hari Sumantri memaparkan, pengerjaan terakhir adalah pemansangan lintasan lari. Dalam proses tersebut, PT Adhi Karya selaku kontraktor menggandeng federasi atletik internasional (IAAF).

"Pengerjaannya juga sangat detail dan steril. Bahkan kami mau mendekat saja tidak boleh. Sangat bagus ya karena proses pengerjaan berdasarkan aturan yang ada. Semua dilakukan agar renovasi ini berjalan maksimal," tandas dia.

Renovasi Stadion Manahan yang berlangsung setahun ini memang mengacu standar internasional. Beberapa fasilitas kelas dunia telah dipasang, termasuk rumput Zoysia Japonica seperti yang digunakan Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK).

Ada juga Lampu FOP (field of play) berkekuatan 1.500 lux. Kemudian satu fasilitas mewah lagi juga terlihat di ruang ganti pemain yakni kolam air panas.