Bola Internasional

Para Pencetak Gol Timnas Indonesia ke Gawang Thailand, Mampukah Kembali Terulang?

Senin, 9 September 2019 21:11 WIB
Penulis: Subhan Wirawan | Editor: Lanjar Wiratri
© www.affsuzukicup.com
Zulfiandi merayakan gol ke gawang Thailand bersama rekan satu timnya. Copyright: © www.affsuzukicup.com
Zulfiandi merayakan gol ke gawang Thailand bersama rekan satu timnya.

INDOSPORT.COM - Para penggawa Timnas Indonesia saat ini ternyata sempat membobol gawang Thailand di gelaran Piala AFF 2016 silam. Mampukah mereka kembali mencetak gol dan kini memberikan kemenangan di ajang Kualifikasi Piala Dunia 2022 pada Selasa (10/9/19) esok di Stadion Gelora Bung Karno (GBK).

Timnas Indonesia sendiri memang akan melakoni laga cukup berat di laga kedua kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia, di mana skuat Garuda harus berhadapan dengan lima kali juara Piala AFF Thailand di Gelora Bung Karno.

Meski terbilang sulit, namun Timnas Indonesia masih bisa berharap meraih kemenangan, apalagi Thailand dalam dua laga tandangnya ke Indonesia selalu gagal meraih poin alias kalah atas Merah-Putih.

Jelang pertandingan nanti, Timnas Indonesia pun bisa berharap dengan para pemain yang sebelumnya bisa mencetak gol ke gawang Thailand agar bisa kembali mengulangnya.

Melansir dari laman PSSI, dari 23 nama pemain yang dibawa Simon McMenemy untuk dua laga awal kualifikasi Piala Dunia 2022 ini. Di antara pemain tersebut, terdapat dua sosok penggawa Timnas Indonesia yang mampu menjebol jala Thailand sebelumnya.

Para pemain tersebut adalah Hansamu Yama serta Zulfiandi. Dimulai dari Hansamu Yama, bek Persebaya Surabaya tersebut berhasil mencetak gol ke gawang Thailand dalam gelaran Piala AFF 2016 lalu.

Dalam pertandingan yang berlangsung di stadion Pakansari Stadium, Bogor tersebut, Timnas Indonesia berhadapan dengan Thailand di leg pertama partai final.

Timnas Indonesia lebih dulu tertinggal lewat gol Teerasil Dangda pada menit ke-33, namun perlahan tapi pasti dukungan para suporter mampu membuat Timnas Indonesia bangkit dan berbalik unggul menjadi 2-1.

Masing-masing gol Timnas Indonesia dicetak oleh Rizky Pora pada menit ke-65', serta sundulan Hansamu Yama pada menit ke-70' usai memanfaatkan sepakan pojok.

Sayangnya kemenangan tersebut menjadi sia-sia, setelah di leg kedua Thailand yang bermain di kandang sendiri berhasil menang dengan skor 2-0 sekaligus memastikan diri menjadi juara Piala AFF 2016.

Pemain Indonesia kedua di skuat saat ini yang berhasil mencetak gol ke gawang Thailand adalah Zulfiandi, gelandang asal Madura United ini juga menjebol jala Gajah Putih di gelaran Piala AFF 2018.

Bedanya jika Hansamu Yama mencetak gol dan berakhir dengan kemenangan, namun gol Zulfiandi gagal memberikan kemenangan bagi Timnas lantaran skor berakhir 4-2 untuk keunggulan Thailand.

Dalam pertandingan yang berlangsung di Stadion Rajamangala, Bangkok tersebut, Timnas Indonesia dihadapkan dengan laga hidup-mati dan harus menang ketika menjamu tuan rumah Thailand.

Secercah harapan tersebut sempat terbuka ketika Zulfiandi mencetak gol pada menit ke-29, sekaligus membuat Timnas  Indonesia unggul 0-1 atas Thailand.

Namun sayang keunggulan Garuda tak bisa bertahan lama, Thailand langsung mengamuk dan mencetak empat gol tambahan melalui Korrakot Wiriyaudomsiri, Pansa Hemviboon, Adisak Kraisorn, serta Pokklaw Anan.

Skor berkesudahan 4-2 setelah Fachrudin Aryanto mencetak gol kedua Timnas menit 89. Kekalahan tersebut semakin diperparah setelah di laga terakhir bermain imbang 0-0 atas Filipina, Timnas pun gagal lolos dari babak penyisihan grup.

Meski ada dua pemain lain yang mampu mencetak gol ke gawang Thailand yakni Rizky Pora (Piala AFF 2016), serta Fachrudin Aryanto (Piala AFF 2018), namun kedua pemain ini tak dipanggil Simon di dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Berbekal catatan tersebut, menarik untuk dinanti perjuangan Timnas Indonesia kontra Thailand pada Selasa (10/9/19) mendatang, mampukah para pemain tersebut mencetak gol kembali dan membawa Garuda meraih kemenangan.

IDS Emoticon Suka
Suka
50%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
50%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%