Bola Internasional

3 Kejutan yang Bisa Ditampilkan Timnas Indonesia di Laga Lawan Thailand

Selasa, 10 September 2019 14:17 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Beto Goncalves berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Malaysia, Kamis (09/05/2019). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Beto Goncalves berselebrasi usai mencetak gol ke gawang Malaysia, Kamis (09/05/2019). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia bisa menampilkan tiga kejutan saat menjalani pertandingan kedua Kualifikasi Piala Dunia 2022 melawan Thailand di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (10/09/19) malam WIB.

Sejumlah pendukung Timnas Indonesia pun sangat berharap jika tim kesayangannya mampu melupakan hasil negatifnya beberapa hari lalu.

Seperti yang diketahui, Timnas Indonesia baru saja menelan kekalahan 2-3 atas Malaysia di pertandingan perdana Kualifikasi Piala Dunia 2022 putaran kedua, Kamis (05/09/19). Hasil minor itu tentunya diharapkan tak terjadi lagi pada laga melawan Thailand nanti.

Timnas Indonesia pun diyakini bakal memberikan sejumlah kejutan di laga kontra Thailand nanti yang membuat tim lawan maupun suporter terkejut. Apa saja itu? Berikut pembahasannya. 

1. Pos Pertahanan

Sektor belakang jelas menjadi salah satu sektor yang perlu dievaluasi oleh Simon McMenemy. 

Gol-gol Malaysia yang dicetak ke gawang Indonesia terkesan mudah karena gampangnya barisan belakang meninggalkan ruang kosong.

Selain itu, buruknya antisipasi dari kiper Andritany Ardhiyasa juga jadi sorotan, terutama pada gol kedua dan ketiga Malaysia.  

Di laga melawan Malaysia, McMenemy memainkan formasi 4-5-1. Ada empat bek yang menggalang pertahan Indonesia, yakni Yustinus Pae, Manahati Lestusen, Ricky Fajrin, dan Hansamu Yama.

Dengan cederanya Ricky Fajrin, McMenemy pun diperkirakan bakal memainkan formasi tiga bek dengan menempatkan Hansamu Yama, Manahati Lestusen, dan Yanto Basna. Dalam balutan formasi 3-4-3 maka Ruben Sanadi ditarik ke depan menjadi sayap bersama juga dengan Saddil Ramdani. 

Namun, dari semua perubahan yang dilakukan, ada satu kejutan yang bisa dilakukan Simon McMenemny. Hal itu tak lain adalah mempertahankan Andritany. 

Andritany Ardhiyasa diprediksi akan tetap jadi pilihan utama walau tampil buruk di laga lawan Malaysia. Alasannya tak lain karena Andritany menjabat sebagai kapten kesebalasan. 

2. Kejutan Pemain Naturalisasi Lainnya

Beto Goncalves bisa dibilang penyerang naturalisasi terbaik yang dimiliki Indonesia semenjak Cristian Gonzales. 

Namun, di laga kontra Thailand nanti suporter Indonesia bisa menjadi saksi lahirnya bomber naturalisasi baru atas nama Osas Saha.

Simon McMenemny tampaknya bakal memberikan kesempatan turun kepada Osas Saha di laga melawan Thailand. Sebelumnya, Osas mengalami cedera sebelum laga lawan Malaysia. 

Osas Saha memang jadi sorotan musim ini berkat penampilan tajamnnya bersama Tira Persikabo. Main 13 kali, ia sudah menciptakan enam gol dan empat assist.  

3. Antiklimaks ala Simon McMenemy

Indonesia wajib menang lawan Thailand untuk bisa lolos ke babak selanjutnya dalam Kualifikasi Piala Dunia 2022. Dukungan dari puluhan ribu suporter tuan rumah serta komposisi skuat yang cukup baik harusnya Indonesia bisa memberikan tekanan berarti kepada Thailand. 

Namun, berkaca dari laga lawan Malaysia, bisa jadi harapan kita akan sirna begitu saja. Tak bisa dipungkiri, Timnas di tangan Simon McMenemy penuh ketidakpastian. 

Secara permainan, Indonesia belum sematang era Luis Milla. Dalam laga melawan Malaysia pun kita tertinggal dalam segala-galanya, mulai dari penguasaan bola, jumlah tembakan, sampai jumlah serangan. 

Maka jangan kaget jika Timnas bisa tampil sangat antiklimaks di laga lawan Thailand nanti dan kebobolan banyak gol. 

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%