Bola Internasional

3 Penggawa Timnas Thailand dengan Nama Unik, Ada Pemain 'Titipan'

Selasa, 10 September 2019 11:55 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© Pakawich Damrongkiattisak/Getty Images
Kawin Thamsatchanan kiper utama Timnas Thailand. Copyright: © Pakawich Damrongkiattisak/Getty Images
Kawin Thamsatchanan kiper utama Timnas Thailand.

INDOSPORT.COM - Pertandingan Kualifikasi Piala Dunia 2022 antara Timnas Indonesia vs Thailand akan dihiasi oleh beberapa pemain tim tamu yang memiliki nama yang terdengar unik.

Meski sama-sama merupakan negara Asia Tenggara, secara kultur, Thailand memiliki banyak perbedaan dengan Indonesia.

Dengan bahasa dan aksara yang berbeda jauh dari Indonesia, membuat beberapa hal yang sebenarnya wajar di Thailand, menjadi sesuatu yang unik buat orang Indonesia.

Perihal nama misalnya. Banyak nama-nama orang Thailand yang akan sangat terdengar unik jika didengar orang Indonesia.

Di Timnas Thailand saja, ada lebih dari satu nama pemain Thailand yang cukup unik jika dibaca dan didengar orang Indonesia. Bukan hanya unik dari pelafalan, sejumlah nama pemain Thailand itu juga bisa menghasilkan arti yang unik jika disandingkan dengan bahasa Indonesia.

Thitipan Puangchan

© fathailand.org
Gelandang Timnas Thailand, Thitipan Puangchan, di Piala AFF 2018. Copyright: fathailand.orgGelandang Timnas Thailand, Thitipan Puangchan, di Piala AFF 2018.

Pemain pertama ada Thitipan Puangchan. Meski tak sama persis secara penulisan, nama Thitipan, mengingatkan orang Indonesia dengan kata 'titipan', yang memiliki arti sesuatu yang dititipkan.

Nama Thitipan juga menjadi menarik buat sebagian besar orang Indonesia, karena saat kemunculannya bersama Timnas Thailand, juga sedang ramai rumor pemain titipan yang ada di Timnas Indonesia.

Dengan nama uniknya, Thitipan sendiri merupakan salah satu pemain andalan di skuat Tim Gajah Putih. Sebagai gelandang sejauh ini dirinya telah dipercaya tampil sebanyak 28 kali, dengan torehan lima gol dan tiga assist yang berhasil dikemasnya.

Kawin Thamsatchanan

Pemain selanjutnya ada Kawin Thamsatchanan. Dengan penulisan yang sama persis, nama Kawin identik dengan kata bahasa Indonesia, kawin.

Di bahasa Indonesia sendiri, kawin memiliki arti yang sama dengan menikah atau membentuk keluarga dengan lawan jenis; bersuami atau beristri.

Sebagai penjaga gawang senior di skuat Timnas Thailand, Kawin Thamsatchanan memiliki caps yang cukup banyak, mencapai 49 kali. Namun belakangan posisinya tergeser oleh kiper yang lebih senior, Siwarak Tedsungnoen (35 tahun), seperti dalam pertandingan kontra Vietnam sebelumnya.

Manuel Tom Bihr 

Pemain Thailand terakhir yang memiliki nama unik adalah pemain naturalisasi Manuel Bihr. Nama Bihr, jika didengar orang Indonesia akan terdengar serupa dengan sejenis minuman beralkohol, bir, yang tentu akan cukup unik untuk disematkan sebagai sebuah nama.

Pemain bernama lengkap Manuel Tom Bihr baru lima kali membela timnas Thailand. Debut bek tengah kelahiran Jerman berusia 26 tahun itu terjadi pada Oktober 2017 saat Malaysia beruji coba melawan Kenya.

Bihr pernah menimba ilmu di akademi VfB Stuttgart pada 2008 saat masih berusia 15 tahun. Ia melakukan debut di kasta kedua Liga Jerman (2. Bundesliga) pada September 2014 bersama Kaiserslautern. Hingga kini akhirnya hijrah ke Thailand membela Bangkok United di Thai Premier League 2019.

IDS Emoticon Suka
Suka
14%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
14%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
29%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
14%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
29%