In-depth

Selain Andritany, 2 Kiper Timnas Indonesia Lainnya Punya Statistik Mentereng

Selasa, 10 September 2019 08:40 WIB
Editor: Matheus Elmerio Giovanni
© andritany/cecep.12
Kiri-kanan: Teja Paku Alam, Andritany Ardhiyasa dan Angga Saputra. Copyright: © andritany/cecep.12
Kiri-kanan: Teja Paku Alam, Andritany Ardhiyasa dan Angga Saputra.

INDOSPORT.COM - Menarik untuk melihat statistik 2 kiper Timnas Indonesia saat ini, selain sang kapten, Andritany Ardhiyasa jelang menghadapi Thailand, Selasa (10/09/19) nanti malam.

Timnas Indonesia vs Thailand akan menjadi pertandingan kedua Skuat Garuda di Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 zona Asia di Stadion Utama Gelora Bung Karno (SUGBK), Jakarta, Selasa, pukul 19.30 WIB malam.

Usai kalah dari Malaysia di pertandingan perdana, tim asuhan Simon McMenemy tentunya diwajibkan menang atas Thailand jika masih ingin menjaga asa di Kualifikasi Piala Dunia 2022.

Meski sulit mengingat bahwa skuat Timnas Thailand kini juga makin berkualitas, Timnas Indonesia setidaknya masih punya harapan karena melakoni laga ini di hadapan ribuan suporternya sendiri.

Jika ingin kekalahan memalukan dari Malaysia tidak terulang saat menghadapi Thailand nanti malam, Pelatih Timnas Indonesia, Simon McMenemy memiliki beberapa pekerjaan rumah yang harus dikerjakan.

Salah satunya mungkin mau menyadari bahwa dari 24 pemain yang dipanggil ke Timnas Indonesia, di antaranya ada tiga kiper bukan hanya Andritany seorang. Dua kiper lainnya adalah Angga Saputra dan Teja Paku Alam.

Melihat dua kiper di skuat Garuda saat ini selain Andritany, tentu Simon McMenemy sebenarnya punya opsi untuk mencoba salah satunya.

Oleh karena itu, INDOSPORT tertarik untuk mengulas statistik 2 kiper Timnas Indonesia, khususnya penampilan mereka di bawah mistar bersama klubnya masing-masing sejauh Liga 1 2019 bergulir.

Angga Saputro, Kiper Utama TIRA-Persikabo

© Arif Rahman/INDOSPORT
Penjaga gawang PS Tira Persikabo, Angga Saputra saat konferensi pers menjelang laga kontra Persib Bandung di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (17/06/2019). Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPenjaga gawang PS Tira Persikabo, Angga Saputra saat konferensi pers menjelang laga kontra Persib Bandung di Graha Persib, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Senin (17/06/2019).

Yang pertama ada kiper andalan TIRA-Persikabo di Liga 1 2019, yakni Angga Saputro. Angga merupakan pemain yang baru pertama kali mendapat panggilan ke Timnas Indonesia.

Sebelumnya dirinya belum pernah sama sekali dipanggil ke Timnas Indonesia, entah itu senior atau kategori usia junior. Oleh karena itu, saat dipanggil Simon McMenemy, dirinya tak muluk-muluk.

"Andritany pasti lebih favorit untuk jadi kiper pertama. Saya belum pernah dipanggil ke Timnas Indonesia. Mungkin yang bisa saya lakukan adalah menyesuaikan diri dengan para pemain lainnya," ucap Angga Saputro.

Merendah saat tahu dirinya dipanggil, sebenarnya Angga Saputro punya statistik yang cukup mentereng. Gabung TIRA-Persikabo pada pertengahan tahun 2018 dari Madura United, Angga Saputra langsung menjadi pilihan utama.

Menurut data dari Transfermarkt, Angga Saputro hanya kebobolan 15 gol dan dua kali clean sheets dalam 12 pertandingan yang dilakoninya bersama TIRA-Persikabo di Liga 1 2019.

Memainkan Angga Saputro mungkin bisa menjadi opsi masuk akal jika Simon McMenemy ingin mengganti Andritany untuk pertandingan menghadapi Thailand.

Teja Paku Alam, Pengganti Awan Setho

© instagram.com/tejapakualaam
Teja Paku Alam kiper utama Semen Padang di Liga 1 2019. (Foto: instagram.com/tejapakualaam) Copyright: instagram.com/tejapakualaamTeja Paku Alam kiper utama Semen Padang di Liga 1 2019. (Foto: instagram.com/tejapakualaam)

Yang terakhir ada Teja Paku Alam, yang dipanggil menggantikan Awan Setho Raharjo yang mengalami cedera saat latihan bersama tim pada tanggal 18 Agustus 2019 lalu.

Oleh karena itu, Pelatih Kepala Timnas Indonesia, Simon McMenemy memutuskan Awan Setho diganti oleh kiper Semen Padang, Teja Paku Alam. Kiper yang beberapa kali sudah dipanggil ke Timnas Indonesia.

Bermain bersama Semen Padang di Liga 1 2019, Teja Paku Alam harus menjadi bagian dari tren negatif tim berjuluk Kabau Sirah. Bagaimana tidak buruk, dari 16 laga sejauh musim ini, Semen Padang baru dua kali menang, lima kali imbang dan sisanya 9 laga berakhir kekalahan.

Dari 16 pertandingan Semen Padang di Liga 1 2019, Teja Paku Alam tampil sebanyak 12 kali di bawah mistar gawang. Kiper asli Padang ini kebobolan 18 kali, namun tetap bisa mencatat tiga kali clean sheets.

Hingga terakhir kali bermain di pekan ke-15 Liga 1 2019, dirinya menempati urutan pertama sebagai kiper dengan catatan penyelamatan banyak yaitu 45 saves.

Meski statistiknya cukup bagus seperti Angga Saputro, memberi Teja Paku Alam debut bisa jadi pilihan tepat oleh Simon McMenemy. Teja dipanggil ke Timnas Indonesia sudah sejak lama, pertama kali pada turnamen SEA Games 2016 lalu.

Tapi apakah posisi Andritany bakal tergantikan oleh Teja Paku Alam? Mengingat kiper Persija Jakarta itu adalah kapten Timnas Indonesia dan bahkan menemani Simon dalam konferensi pers jelang laga pada Senin (09/09/19) kemarin.

Semua kembali lagi ke tangan dingin Simon McMenemy, apakah dia mau melakukan perubahan pada posisi kiper Timnas Indonesia atau masih mempercayakan peran penting ini kepada Andritany Ardhiyasa?