Liga Indonesia

Termasuk Wawan Hendrawan, Ini 3 Pemain 'Terlupakan' yang Layak Dipanggil ke Timnas Indonesia

Rabu, 11 September 2019 15:43 WIB
Editor: Prio Hari Kristanto
© baliutd.com
Kiper Bali United Wawan Hendrawan Copyright: © baliutd.com
Kiper Bali United Wawan Hendrawan

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia harus mengakui keunggulan Thailand dalam laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 usai kalah 3-0 di Stadion Gelora Bung Karno, Selasa (10/09/19) malam WIB. 

Ini merupakan kekalahan kedua beruntun yang harus diderita Indonesia usai minggu lalu dipermalukan Malaysia 2-3 di tempat yang sama.

Imbas dua kekalahan beruntun di Kualifikasi Piala Dunia 2022, pelatih Simon McMenemy pun mendapat kritikan tajam. Selain menyoroti permainan timnas, suporter juga mengritik pemilihan pemain yang dilakukan Simon McMenemy. 

Jika ada pemain-pemain di luar sana yang lebih pantas memperkuat Timnas Garuda, kira-kira siapa saja mereka? Berikut ini kami coba merangkumnya untuk Anda. 
 
1. Wawan Hendrawan (Bali United)

Penampilan buruk Andritany Ardhiyasa bersama Timnas Indonesia di dua laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 membuat nama Wawan Hendrawan kembali digaungkan sebagai pengganti.

Melihat penampilan buruk kiper andalan Persija Jakarta itu, para pecinta sepak bola pun menginginkan segera adanya perubahan di kubu Timnas Indonesia. Khususnya di posisi penjaga gawang.

Nama Wawan Hendrawan pun muncul ke permukaan. Penampilan impresif Wawan Hendrawan bersama Serdadu Tridatu dalam beberapa musim terakhir memang sangat memukau para pecinta sepak bola Indonesia.

Bahkan jika dilihat kembali, statistik yang ditorehkan oleh Wawan Hendrawan di Liga 1 2019 musim ini sangatlah mengesankan. Dari 16 penampilan bersama Bali United, ia baru kebobolan 11. Catatan ini adalah yang paling minim baik kiper di Liga 1 2019.

Selain itu, Wawan Hendrawan bersama Bali United mencatatkan sebanyak 7 kali clean sheet di sepanjang paruh pertama Liga 1 2019. 

2. Wawan Febrianto (Tira Persikabo)

Simon McMenemy membuat kejutan dengan memanggil striker naturalisasi, Osas Saha, ke daftar skuat. 

Sayangnya, Simon tak mempertimbangkan untuk memanggil rekan Osas di Tira Persikabo, Wawan Febrianto. Padahal, gelandang berusia 25 tahun itu tampil impresif di musim ini. Wawan main dalam 15 laga Tira Persikabo dengan torehan enam gol dan lima assists. 

Jika dibandingkan dengan statistik gelandang sayap Timnas Indonesia lainnya, macam Irfan Bachdim (10 partai, 1 gol, 1 assist) dan Febri Hariyadi (14 partai, 4 gol, 3 assists), jelas capaian Wawan lebih baik. 

3. Zulham Zamrun (PSM)

Satu lagi pemain top Indonesia yang luput dari perhatian Simon McMenemy adalah penyerang sayap milik PSM Makassar, Zulham Zamrun. 

Eks bintang Timnas U-23 ini mencatatkan prestasi gemilang tahun ini. Zulham sukses mengantarkan PSM menjadi juara Piala Indonesia. Tak hanya itu, dia juga terpilih sebagai pemain terbaik sekaligus top skorer.

Zulham Zamrun memang tengah menikmati masa kebangkitannya. Sebelum ini, ia pernah sukses mengantar Persib sebagai juara liga dan meraih nominasi pemain terbaik. 

Berseragam Timnas Indonesia bukan hal baru bagi Zulham Zamrun. Di masa mendatang, Zulham wajib untuk diberi kesempatan membela negara.

IDS Emoticon Suka
Suka
22%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
11%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
22%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
44%