Bola Internasional

Hasil Pertandingan Kualifikasi Euro 2020 Inggris vs Kosovo: Sterling Bersinar

Rabu, 11 September 2019 03:46 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Timnas Inggris kian kokoh di puncak klasemen Grup A Kualifikasi Euro 2020 usai menekuk Kosovo 5-3 di St Mary's Stadium, Rabu (11/9/19) dini hari WIB.

Saking dominan, Inggris bahkan langsung unggul 5-1 di babak pertama! Meski begitu, pasukan Gareth Southgate sempat dikejutkan gol cepat pemain Kosovo, Valon Berisha, ketika laga baru berjalan satu menit.

Gol tersebut bak membangunkan sang singa dari tidur. Tujuh menit berselang, Raheem Sterling mencetak gol penyama kedudukan lewat sundulan yang diawali sepak pojok.

Striker Tottenham Hotspur, Harry Kane, membawa Inggris unggul 2-1 pada menit ke-19, menuntaskan assist dari Sterling di depan gawang Kosovo.

Inggris memperbesar kedudukan menjadi 3-1 berkat gol bunuh diri bek Kosovo, Mergim Vojvoda, yang salah membuang bola pada menit ke-38.

Bintang muda Borussia Dortmund, Jadon Sancho, memborong dua gol Inggris lainnya menjelang babak pertama usai di mana semua assist dipersembahkan oleh Sterling.

Kelemahan lini belakang Kosovo begitu terekspos dalam proses dua gol tersebut. Pada menit ke-44, Sancho tanpa kawalan berarti menceploskan bola ke gawang tim tamu.

Di masa injury time babak pertama, Sancho kembali tanpa penjagaan saat membobol gawang Kosovo. Dalam proses gol itu, lini belakang Kosovo gagal mengantisipasi kecepatan Sterling yang dengan tenang menggiring bola ke area penalti, sebelum mengecoh kiper Anjanet Muric saat mengoper bola ke Sancho.

Akan tetapi, Inggris tampak mengendurkan serangan dan bahkan tampak lengah di babak kedua. Hal tersebut langsung dimanfaatkan Kosovo untuk menekan tim tuan rumah.

Hasilnya, Berisha kembali mencetak gol buat Kosovo pada menit ke-49.  Diawali pemain Inggris yang kehilangan bola, Vedat Muriqi melepas operan melengkung ke arah Berisha yang mengecoh Henderson sebelum melesakkan bola ke sisi atas dalam gawang Inggris.

Kosovo semakin termotivasi dan mendapat gol ketiga di laga ini pada menit ke-55 lewat titik putih. Tim tamu mendapat hadiah penalti setelah bek Manchester United, Harry Maguire, melanggar Muriqi di area terlarang.

Muriqi sendiri yang menjadi eksekutor di mana sepakan penaltinya gagal dihalau kiper Inggris, Jordan Pickford.

Inggris sesungguhnya juga mendapat hadiah penalti. Akan tetapi, Kane gagal melaksanakan tugasnya pada menit ke-65.

Kedua tim tetap mengupayakan gol tambahan. Hanya, skor 5-3 Inggris atas Kosovo bertahan hingga babak kedua usai.

Dengan hasil ini, Inggris kian kokoh di puncak klasemen Grup A Kualifikasi Euro 2020 dengan 12 poin dari empat pertandingan, unggul tiga angka dari Republik Ceska di urutan kedua. Sebaliknya, Kosovo harus puas turun satu tangga ke posisi ketiga dengan delapan poin.

Susunan Pemain XI

Inggris (4-2-3-1): Pickford; Alexander-Arnold, Keane, Maguire, Chilwell; Rice, Henderson; Sterling, Barkley, Sancho; Kane

Kosovo (4-2-3-1): Muric; Vojvoda, Rrahmani, Aliti, Hadergjonaj; Voca, Halimi; Muslija, Celina, Berisha; Muriqi