Liga Indonesia

Hasil Pertandingan Liga 1 2019: PSM Makassar vs PSIS Semarang: Juku Eja Tersungkur

Rabu, 11 September 2019 17:26 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Yohanes Ishak
© Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pemain PSM Makassar mengontrol bola dari pemain PSIS Copyright: © Ronald Seger Prabowo/INDOSPORT
Pemain PSM Makassar mengontrol bola dari pemain PSIS

INDOSPORT.COM - Hasil pertandingan tunda pekan ke-11 antara PSM Makassar vs PSIS Semarang di Liga 1 2019 berakhir dengan skor 0-1, Rabu (11/09/19) sore.

Pertandingan PSM vs PSIS berlangsung di Stadion Andi Mattalata, Sulawesi Selatan. Sejak awal laga, kedua tim bermain sangat terbuka.

PSM mampu tampil dominan dimana kerap menguasai bola untuk membangun serangan. Akan tetapi sederet peluang belum bisa dimaksimalkan dengan baik.

PSIS yang berada dalam tekanan, beberapa kali serangan mereka mampu membuat ancaman berbahaya, tetapi lini belakang dan kiper PSM masih begitu tanguh.

Di babak kedua, PSM tetap menyerang sebagaimana instruksi dari pelatih. Akan tetapi Juku Eja malah kebobolan lebih dulu oleh lawan.

Striker PSIS Heru Setyawan sukses menyarangkan bola ke gawang tim tuan rumah. Ketertinggalan ini dicoba untuk PSM balas dengan menaikan tempo permainan.

Akan tetapi sederet peluang yang tercipta gagal dimaksimalkan menjadi gol hingga akhir pertandingan babak kedua sore tadi.

Kekalahan ini membuat PSM tetap berada diurutan ke-8 dnegan 23 angka. Sedangkan PSIS bertengger di posisi ke-11 dengan 19 poin dalam daftar klasemen sementara Liga 1 2019.

Babak Pertama

PSM Langsung berinisiatif mengambilalih serangan pasca wasit meniup peluit panjang tanda dimulainya pertandingan. Hal itu terlihat bagaimana PSM memainkan bola.

Juku Eja perlahan tapi pasti menyerang dari berbagai sektor karena bermain terbuka. Zulham Zamrun dan M. Rachmat mengancam dari sektor sayap.

Umpan-umpan yang mengarah ke mulut gawang masih belum bisa dimanfaatkan oleh striker Amido Balde. Sehingga untuk sementara waktu gawang PSIS masih aman.

Sementara itu PSIS sempat mengancam lewat serangan yang dilancarkan Hari Nur Yulianto. Beruntung Rivky berhasil mematahkan peluang tersebut.

Hingga akhir laga tak ada gol yang terjadi dari kedua kesebelasan. Maka menarik untuk dilihat bagaimana jalannya pertandingan babak kedua.

Babak Kedua

Usai jeda turun minum, PSM sempat mendapatkan peluang matang di awal-awal laga babak kedua. Amido Balde yang menerima umpan matang di mulut gawang gagal memanfaatkan dengan baik.

Karena ruang geraknya berhasil dihalau oleh Jandia Eka. Upaya tersebut membuat kiper PSIS sedikit mengalami gangguan akibat benturan dengan Balde.

Bahkan PSM harus tertinggal lebih dulu pada menit ke-63, dimana striker PSIS Heru Setyawan sukses menyarangkan bola ke jala yang dikawal Rivky.

Gol tersebut bermula dari kemelut di depan gawang. Antisipasi Aaron Evans malah mengenai kaki pemain lawan, bola liar tersebut disambut oleh Heru dan gol.

Tertinggal, PSM langsung menaikan tempo permainan. Serangan yang dibangun Wiljan Pluim dan kolega merangsek ke berbagai sektor.

Beberapa kali umpan matang dan kemelut di depan gawang, tak bisa dimanfaatkan dengan baik oleh Amido Balde maupun sektor sayap.

Hingga akhir pertandingan, tak ada gol tambahan. Hal ini membuat PSIS sukses mencuri 3 poin usai PSM tak berdaya di kandang sendiri.

Susunan Pemain

PSM Makassar (4-3-3): Rivky Mokodompit; Beny Wahyudi, Aaron Evans, Abdul Rahman, Asnawi Mangkualam; Raphael Maitimo, Wiljan Pluim, Muhammad Arfan; M. Rachmat, Amido Balde, Zulham Zamrun.

PSIS Semarang (3-4-3): Jandia Eka Putra; Frendi Saputra, Ganjar Mukti, Wallace Costa Alves; Heru Setyawan, Septian David Maulana, Fredyan Wahyu, Finky Pasamba; Hari Nur Yulianto, Claudir Marini, Jonathan Cantillana.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%