Liga Indonesia

Pesan Menggetarkan BJ Habibie untuk Klub Raksasa Liga 1 Ini

Kamis, 12 September 2019 12:24 WIB
Penulis: Ade Gusti | Editor: Isman Fadil
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Ilija Spasojevic merayakan gol pada laga Bali United vs Borneo FC di Liga 1 2019, Rabu (28/08/19). Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Ilija Spasojevic merayakan gol pada laga Bali United vs Borneo FC di Liga 1 2019, Rabu (28/08/19).

INDOSPORT.COM – Kepergian presiden Republik Indonesia, Bacharuddin Jusuf Habibie pernah memberikan wejangan kepada klub raksasa Liga 1, Bali United, sebelum beliau meninggal dunia.

Bacharuddin Jusuf Habibie atau akrab disapa BJ Habibie meninggal dunia pada usia 83 tahun di RSPAD Gatot Soebroto, Jakarta, Rabu (11/9/19) petang WIB. 

Informasi mengenai berpulangnya Habibie disampaikan langsung oleh putranya, Thareq Kemal. BJ Habibie diketahui telah sejak 1 September lalu menjalani perawatan intensif. 

Kepergian Habibie meninggalkan duka mendalam bagi bangsa Indonesia. Hal ini dirasakan pula oleh klub sepak bola Bali United, yang secara langsung pernah bertemu almarhum pada tahun 2016 menjelang turnamen Trofeo Persija 2016.

Dilansir dari situs resmi klub, kunjungan tersebut diwakili oleh tim pelatih Bali United dan manajemen yang saat itu masih dipimpin oleh coach Indra Sjafri.

Kunjungan ini diakui oleh Indra Sjafri sebagai sebuah kesempatan yang amat berharga. Selain bersilaturahmi, mereka juga dibekali pesan-pesan mulia untuk memajukan sepak bola Tanah Air.

BJ Habibie menyampaikan kepada Bali United tentang bagaimana membangun tim sepak bola yaang tidak hanya kuat di dalam lapangan, namun juga solid di luar lapangan.

“Pak Habibie berpesan kepada kami, sepak bola tidak cukup teknis sepak bola, melainkan nilai-nilai lain juga harus diberikan, seperti akhlak, intelektual, disiplin, kekeluargaan, persatuan dan kesatuan, dan ibadah,” kata Indra Sjafri saat itu.

Selain Indra Sjafri, hadir juga CEO Bali United, Yabes Tanuri dan jajaran tim pelatih Bali United di antaranya asisten pelatih Eko Purjianto, pelatih fisik Nursaelan Santoso, dan pelatih kiper Jarot Supriadi.

Berkat wejangan mulia itu pula, Bali United semakin solid dari tahun ke tahun. Hal ini terbukti dengan posisi mereka yang kini meraih puncak klasemen sementara Shopee Liga 1 2019 dengan perolehan 40 poin.

Bali United yang kini ditangani Stefano Cuggura Teco dijadwalkan akan melanjutkan turnamen Shopee Liga 1 2019 paruh kedua dengan melawan Bhayangkara FC pada hari Jumat (13/9/19) di Stadion Kapten I Wayan Dipta.