Liga Indonesia

Bukti Tangan Jacksen Tiago Kembali Bertuah Bagi Persipura Jayapura

Kamis, 12 September 2019 20:17 WIB
Penulis: Sudjarwo | Editor: Yohanes Ishak
© Grafis: Indosport.com
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago. Foto: Tribunnews Copyright: © Grafis: Indosport.com
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago. Foto: Tribunnews

INDOSPORT.COM - Persipura Jayapura kian mendapatkan peruntungan semenjak kembali ditukangi oleh Jacksen F. Tiago di kompetisi Shopee Liga 1 2019.

Persipura yang sebelumnya sempat terseok-seok di papan bawah kini perlahan kembali bangkit dari pesakitan. Puncaknya, saat Boaz Solossa dan kolega berhasil melumat Persija Jakarta dalam laga kandang perdana di Stadion Aji Imbut, Tenggarong, Rabu (11/9/19) malam.

Kemenangan itu seolah menjadi warning bagi para pesaing Persipura di papan klasemen. Jacksen mampu mengubah skuat Persipura semakin solid dengan lini pertahanan yang tak mudah lagi untuk dibobol.

Delapan laga yang sudah dilaluinya, Persipura hanya menelan 3 kali kebobolan dan mendapatkan 6 kemenangan, sekali imbang dan sekali kalah.

Padahal sebelumnya, Persipura tak pernah menang di tujuh laga awal saat masih ditukangi Luciano Leandro. Bahkan parahnya, di era kepemimpinan Luciano, gawang Persipura harus kebobolan sebanyak 13 kali.

Di tangan Jacksen F Tiago, segala paceklik seolah menghilang. Lini depan Persipura kembali produktif dengan mendapatkan empat kemenangan lebih dari satu gol.

Hebatnya, Jacksen sanggup menuai tren positif hanya dengan pemain seadanya dan di tengah badai cedera yang silih berganti menghantui para Penggawa Persipura.

Fokus Lini Pertahanan

© Sudjarwo/INDOSPORT
Skuat Persipura Jayapura usai menjalani latihan di Stadion Mandala Copyright: Sudjarwo/INDOSPORTSkuat Persipura Jayapura usai menjalani latihan di Stadion Mandala

Sejak awal kedatangannya untuk kedua kalinya di laga perdana menghadapi Madura United, Jacksen memang menegaskan jika lini pertahanan Persipura akan menjadi fokus utamanya.

Jacksen bahkan mengungkapkan, jika 80 persen materi yang ia berikan bagi skuat mutiara hitam lebih mengedepankan pada aspek pertahanan.

Tak heran jika lini pertahanan Persipura kini tak mudah dibobol dan ada kedalaman skuat yang cukup solid di lini tersebut.

"Saya menilai sebenarnya rencana kita sudah berjalan baik di setiap pertandingan dan kita selalu menciptakan banyak peluang, tapi jujur saja saya mengakui selama berada di Persipura hampir 80 persen dari materi yang saya berikan itu memang lebih fokus kepada lini pertahanan," ujar Jacksen kepada awak redaksi berita olahraga INDOSPORT, Kamis (12/9/19).

Jacksen memang tak terlalu mengkhawatirkan lini depan Persipura yang menurutnya masih punya seorang Boaz dan Tibo yang kualitasnya sama baik dan punya segudang pengalaman.

Itu sebabnya, ia cenderung lebih fokus membangun kedalaman di sektor pertahanan, agar setidaknya bisa mengurangi ancaman serangan lawan.

"Saya coba membuat lini pertahanan yang solid dulu, dan yang penting kita tidak kalah dulu dan tidak kebobolan, karena untuk lini serang pemain kita punya naluri yang sudah alamiah sehingga itu sedikit demi sedikit saya ubah. Dan saya rasa sudah ada perubahan di pertandingan kemarin yang berjalan sulit," jelasnya.

Lihai Memotivasi Pemain

© Sudjarwo/INDOSPORT
Pelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago saat mendampingi anak asuhnya berlatih Copyright: Sudjarwo/INDOSPORTPelatih Persipura Jayapura, Jacksen F. Tiago saat mendampingi anak asuhnya berlatih

Sudah bukan cerita baru jika sosok Jacksen merupakan pelatih yang lihai dalam memberikan motivasi bagi para pemainnya. Dari pemain yang biasa-biasa saja bisa disulapnya menjadi pemain hebat dengan bermodal semangat berapi-api.

Setidaknya, hal ini kini jelas terlihat pada performa dari para penggawa Persipura Jayapura Israel Wamiau, Dede Sulaiman, Muhammad Tahir hingga Todd Rivaldo Ferre.

Keempatnya kini memiliki peran vital di beberapa laga terakhir Persipura, setelah jauh sebelumnya performa mereka kurang begitu menggigit.

Menurut salah satu sumber dalam klub, Jacksen memiliki pembawaan yang tegas meski sangat dekat dengan para pemainnya.

Sebelum timnya bertanding, Jacksen kerap kali memberikan motivasi yang membakar semangat pemain. Bak di sebuah ibadah kebaktian, Jacksen membangun spiritual dan mental pemain dengan kalimat-kalimat motivasi. Latar belakangnya yang dikenal religius seolah menjadi magis tersendiri bagi klub Persipura. 

Apa yang dilakukannya itu bahkan sempat menghadirkan 3 gelar juara bagi Persipura di periode pertamanya di medio 2008-2014 silam.

Kini, jalan terang Persipura di era kedua Jacksen kembali terbuka. Setelah berhasil memperpanjang tren positif tanpa kekalahan di lima laga beruntun, Persipura kian mendekati papan atas, tempat semestinya bagi klub bergelimang prestasi sekelas Persipura.

IDS Emoticon Suka
Suka
67%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
33%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
0%