Liga Indonesia

Media Malaysia Prediksi Hukuman Berat yang Bisa Indonesia Terima dari FIFA

Kamis, 12 September 2019 06:30 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Salah satu suporter Timnas Indonesia dengan wajah tertutup sempat turun ke pinggir lapangan, Kamis (05/09/2019). Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Salah satu suporter Timnas Indonesia dengan wajah tertutup sempat turun ke pinggir lapangan, Kamis (05/09/2019).

INDOSPORT.COM - Federasi sepak bola Malaysia, FAM, resmi mengadukan Indonesia ke FIFA atas insiden di laga Kualifikasi Piala Dunia 2022, Kamis (5/9/19).

FAM melaporkan Indonesia terkait kericuhan oknum suporter tuan rumah yang mengusik fans tim tamu di Stadion Gelora Bung Karno, Senayan, Jakarta.

Seperti dilansir dari media Malaysia, B Harian, Sekretaris FAM, Stuart Ramalingam, menjelaskan bahwa pihaknya telah membuat protes resmi yang tertuang dalam 18 berkas.

Dalam aduan tersebut juga disertai sejumlah barang bukti, seperti beberapa video yang tersebar di media sosial terkait insiden tersebut.

"FIFA sudah menerima laporan dari FAM. Laporan atau aduan ini kami buat untuk perhatian FIFA siapa tahu ada insiden yang tidak tertuang dalam laporan yang sebelumnya FIFA terima (dari pihak Indonesia)," ujar Stuart kepada B Harian.

"Bukti itu kami dapat dari beberapa sumber, termasuk video yang tersebar di media sosial. Kami percaya FIFA dan AFC akan membuat keputusan terbaik berdasarkan penilaian dari bukti yang ada," kata Stuart.

Media yang sama meyakini Indonesia, dalam hal ini PSSI, akan dikenakan hukuman berat dari FIFA atas insiden di laga vs Malaysia tersebut. B Harian meyakini denda dan berlaga tanpa penonton bisa saja dijatuhi ke kubu Indonesia. 

Hal ini berdasarkan pengalaman Malaysia di mana FAM didenda 40 ribu Swiss franc atau sekitar 566 juga rupiah dan satu laga tanpa penonton gara-gara suporter Harimau Malaya membuat kericuhan vs Arab Saudi di Stadion Shah Alam, Malaysia, pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2018 pada September 2015.

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%