Liga Indonesia

Eksklusif, Otavio Dutra Beberkan Pengalaman Pahit demi Mendapatkan Status WNI

Kamis, 12 September 2019 16:15 WIB
Penulis: Ayudya Ratna | Editor: Indra Citra Sena
© humas kemenpora
Otavio Dutra saat bertemu dengan Sekretaris Menpora Gatot S Dewa Broto. Copyright: © humas kemenpora
Otavio Dutra saat bertemu dengan Sekretaris Menpora Gatot S Dewa Broto.

INDOSPORT.COM - Bek Persebaya Surabaya, Otavio Dutra mengungkap betapa susahnya perjuangan mendapatkan status sebagai Warga Negara Indonesia (WNI).

Otavio Dutra mengaku banyak proses yang harus ia lewati demi mendapatkan kewarganegaraan Indonesia. Hal tersebut tentu membutuhkan waktu yang panjang. Bahkan selama setahun, ia tak kunjung mendapat status WNI. 

"Karena banyak prosesnya ya. Kadang-kadang jadwal tapi tiba-tiba mendadak diundur karena mereka harus pergi. Jadi, itu yang bikin lama," tutur Dutra kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT.

"Saya sudah hampir setahun ini masih belum selesai, tapi sudah di tahap akhir. Semoga segera selesai, saya tinggal tunggu tanda tangan dari Presiden," lanjutnya. 

Setelah mendapatkan status sebagai WNI, pemain berusia 34 tahun itu mengaku ingin bergabung dengan Timnas Indonesia. 

Ia sangat mencintai sepak bola dan skuat Garuda, sehingga ia pun ingin bergabung menjadi pasukan yang dapat mengharumkan Indonesia.

"Saya memang sudah cinta di sini. Setiap pertandingan Timnas, saya selalu nonton, karena memang saya cinta sepak bola dan sudah cinta dengan negara ini," katanya. 

Diketahui, eks pemain Persipura Jayapura itu mendapat panggilan untuk mempekuat timnas Indonesia. Namun, debut bersama Beto Goncalves terpaksa ditunda lantaran dirinya belum menyandang status WNI. 

Otavio Dutra pun gagal membela timnas di laga melawan Thailand pada Kualifikasi Piala Dunia 2022. Sebagai gantinya,  pelatih Simon McMenemy menurunkan pemain kelahiran Nigeria, Osas Saha, yang baru pulih dari cedera.

Susah Payah Naturalisasi Otavio Dutra demi Status WNI

IDS Emoticon Suka
Suka
0%
IDS Emoticon Takjub
Takjub
0%
IDS Emoticon Lucu
Lucu
0%
IDS Emoticon Kaget
Kaget
0%
IDS Emoticon Aneh
Aneh
0%
IDS Emoticon Takut
Takut
0%
IDS Emoticon Sedih
Sedih
0%
IDS Emoticon Marah
Marah
100%