Liga Indonesia

Bima Sakti Bocorkan Pesan Berkelas Xavi Hernandez untuk Timnas U-16

Jumat, 13 September 2019 22:50 WIB
Penulis: Petrus Manus Da' Yerimon | Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© pinterest.com
Xavi Hernandez, legenda Barcelona yang memilih untuk pensiun pada akhir musim 2018/19 usai menjajal sepak bola Qatar. Foto: pinterest.com Copyright: © pinterest.com
Xavi Hernandez, legenda Barcelona yang memilih untuk pensiun pada akhir musim 2018/19 usai menjajal sepak bola Qatar. Foto: pinterest.com

INDOSPORT.COM - Pelatih Timnas Indonesia U-16, Bima Sakti mengungkapkan satu pesan penting dari legenda Barcelona, Xavi Hernandez untuk skuat asuhannya menjelang Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 Grup G. Hal itu didapat ketika skuat Garuda Asia mengikuti U-16 Four Nations Tournament 2019 di Qatar beberapa waktu lalu.

Bima Sakti mengatakan Xavi berpesan bahwa untuk pemain muda, seharusnya tidak ada target juara yang dibebankan. Tim kelompok usia hanya diminta bermain sesuai filosofi yang dianut dan berusaha keras memenangkan laga demi laga.

"Kemarin sempat bertemu dengan Xavi, ngobrol banyak dan saya tanya ketika dia di La Masia (akademi Barcelona), apa dia diajarin supaya juara gak, dia jawab tidak. Katanya, pokoknya selalu memenangkan pertandingan di setiap pertandingan," ujar Bima.

"Dia (Xavi) mengatakan tidak diajari bagaimana harus juara, cuma diajari bagaimana memenangkan setiap pertandingan," imbuhnya.

Dengan wejangan itu, Bima pun mencoba menjelaskan ke anak asuhnya agar memberikan penampilan terbaik di setiap laga. Ia memotivasi Marselino Ferdinan dan kawan-kawan agar tampil tanpa beban di kualifikasi Piala Asia U-16.

"Itu (pesan Xavi) lalu saya bilang ke pemain dan mereka juga dengar sendiri dan harus camkan. Setiap pertandingan harus fokus, berikan yang terbaik, step by step dan soal target jangan jadi beban," tuturnya.

"Tidak ada (target tinggi di kualifikasi Piala Asia U-16), kami tidak bebani apapun ke anak-anak," sambung Bima.

Timnas Indonesia U-16 akan menjalani babak Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 mulai 14 September mendatang di Stadion Madya, Senayan, Jakarta. Skuat Garuda Asia tergabung di Grup G bersama China, Brunei Darussalam, Filipina, dan Kepulauan Mariana Utara.