Bola Internasional

Gol Beto Goncalves ke Gawang Malaysia Masuk Nominasi Terbaik Kualifikasi Piala Dunia 2022

Jumat, 13 September 2019 18:05 WIB
Penulis: Ervan Yudhi Triatmoko | Editor: Indra Citra Sena
© Herry Ibrahim/INDOSPORT
Beto Goncalves saat mencetak gol ke gawang Malaysia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (9/5/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT Copyright: © Herry Ibrahim/INDOSPORT
Beto Goncalves saat mencetak gol ke gawang Malaysia pada laga Kualifikasi Piala Dunia 2022 di Stadion Utama Gelora Bung Karno, Jakarta, Kamis (9/5/19). Foto: Herry Ibrahim/INDOSPORT

INDOSPORT.COM - Meski Timnas Indonesia harus kalah dari Malaysia pada matchday pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022, sebuah catatan membanggakan ditorehkan oleh penyerang andalan skuat Garuda, Beto Goncalves.

Gol kedua Beto ke gawang Malaysia dipilih AFC masuk nominasi gol terbaik matchday pertama Kualifikasi Piala Dunia 2022. Pada menit ke-39, penyerang naturalisasi tersebut menjebol gawang Malaysia melalui sebuah tendangan akurat dari luar kotak penalti.

Menerima umpan dari Andik Vermansah, Beto yang berada di luar kotak penalti dengan cerdik melepaskan tembakan akurat tanpa bisa dihalau kiper Malaysia, Farizal Marlias. Gol itu sempat membuat Indonesia unggul 2-1 sebelum turun minum.

Selain Beto Goncalves, ada empat pemain lain yang juga masuk nominasi pencetak gol terbaik Kualifikasi Piala Dunia 2022 Zona Asia. Mereka adalah Aaron Mooy (Australia), Ali Makbhout (Uni Emirat Arab), Mohsen Mohammed (Yaman) dan Shoya Nakajia (Jepang).

Dari lima kandidat gol terbaik tersebut, nantinya akan dipilih satu pemenang berdasarkan hasil polling di situs resmi AFC. Sebuah kebanggaan tersendiri mengingat Beto gagal membawa timnas Indonesia meraih poin penuh.

Seperti diketahui, Indonesia dipaksa takluk dari Malaysia dalam laga pertama Grup G Kualifikasi Piala Dunia 2022 dengan skor tipis 2-3, Kamis (5/9/19). Laskar Merah-Putih membuka skor via aksi Beto Goncalves pada menit ke-12.

Namun, Malaysia berhasil menyamakan kedudukan pada menit ke-37 melalui Mohamadou Sumareh. Indonesia kemudian kembali unggul sebelum turun minum setelah Beto mencetak gol keduanya pada menit ke-29.

Malapetaka menghampiri Indonesia di babak kedua. Malaysia mampu menyamakan skor pada menit ke-66 melalui Syafiq Ahmad. Di pengujung laga, Sumareh sukses mencetak gol sekaligus memberi kemenangan 2-13 untuk Harimau Malaya.

Indonesia sendiri saat ini menempati posisi buncit Grup G. Setelah menelan kekalahan 2-3 dari Malaysia, skuat Garuda kemudian dilibas 0-3 oleh Thailand pada matchday kedua.