Liga Inggris

On This Day: 10 Tahun Lalu, Selebrasi Adebayor ‘Bakar’ Fans Arsenal

Jumat, 13 September 2019 16:40 WIB
Editor: Yohanes Ishak
 Copyright:

INDOSPORT.COM - Pencinta sepak bola Liga Inggris bisa dibilang selalu mendapat hiburan dari aksi-aksi pemain maupun pelatih didalamnya, tak terkecuali juga para fans dari klub masing-masing.

Kali ini, tepat 10 tahun yang lalu pada tanggal 13 September 2009, pencinta sepak bola Liga Inggris sejati tentunya masih ingat dengan drama pada laga Manchester City vs Arsenal. Kala itu, The Cityzens memang baru memasuki tahap perkembangan sebagai salah satu pesaing kuat.

Pada laga tersebut, Manchester City yang bertindak sebagai tuan rumah diperkuat oleh striker yang baru didatangkan pada bursa transfer musim panas, Emmanuel Adebayor dari Arsenal.

© Richard Heathcote/GettyImages
Striker Manchester City, Emmanuel Adebayor (kanan) saat melawan mantan klubnya, Arsenal pada tahun 2009 lalu Copyright: Richard Heathcote/GettyImagesStriker Manchester City, Emmanuel Adebayor (kanan) saat melawan mantan klubnya, Arsenal pada tahun 2009 lalu

Sebelumnya, Adebayor telah memperkuat Arsenal dari tahun 2006 hingga 2009, barulah di tahun 2009 ia pindah ke City. Biasanya, pemain yang mencetak gol ke gawang mantan klubnya memilih untuk tidak melakukan selebrasi, namun nyatanya aksi itu tak berlaku bagi Adebayor yang mencetak gol ke gawang mantan klubnya, Arsenal saat laga memasuki menit ke-79.

Penyerang ber-KTP Togo itu pun merayakan golnya di depan fans Arsenal. Menariknya lagi, Emmanuel Adebayor tak keberatan untuk berlari jauh dari sisi lapangan gawang Arsenal menuju tribun dekat gawang Manchester City yang diramaikan oleh penggemar tim London Merah.

© Shaun Botterill/GettyImages
Emmanuel Adebayor (kiri) berlari menuju tribun fans Arsenal untuk selebrasi golnya Copyright: Shaun Botterill/GettyImagesEmmanuel Adebayor (kiri) berlari menuju tribun fans Arsenal untuk selebrasi golnya

Ia pun langsung mengangkat tangannya untuk merayakan golnya tersebut. Tak ayal, emosi para fans Arsenal pun menjadi terbakar dan tidak sedikit diantara mereka yang melemparkan barang ke arahnya.

Atas tindakannya tersebut, Adebayor diberikan kartu kuning karena dinilai melakukan aksi provokatif. Pertandingan itu sendiri berakhir dengan kemenangan Manchester City 4-2 atas Arsenal.

Usai laga, Adebayor mengaku jika tindakannnya tersebut dilakukan dengan sengaja untuk membalas apa yang telah fans Arsenal lakukan terhadap dirinya.

“Sebenarnya saya tidak ada masalah dengan para fans Arsenal sebelumnya, tetapi sepanjang pertandingan saya mendengar ada nyanyian rasis untuk saya yang berasal dari tribun pendukung Arsenal,” keluh Adebayor saat itu kepada TheSun.

© Shaun Botterill/GettyImages
Selebrasi Emmanuel Adebayor di depan fans Arsenal Copyright: Shaun Botterill/GettyImagesSelebrasi Emmanuel Adebayor di depan fans Arsenal

“Mereka menghina kedua orangtua saya dengan mengatakan ibu saya pelacur dan ayah saya tukang pembersih gajah.”

“Enam bulan sebelumnya juga mereka menghina saya karena pindah ke sini (Man City), mereka melecehkan saya tanpa sebab. Saya pindah bukan karena kemauan saya, tapi karena Arsene (Wenger, pelatih Arsenal saat itu) yang menerima tawaran untuk saya.”

“Saya merayakan selebrasi untuk gol saya, lalu FA memberikan saya sanksi, tapi fans Arsenal yang bertindak rasis tidak terjadi apa-apa? Sudahlah,” tutup Adebayor.

Emmanuel Adebayor pernah perkuat Arsenal, Manchester City, Tottenham Hotspur, dan Real Madrid. Saat ini, penyerang berusia 35 tahun itu bermain untuk tim asal Turki, Kayserispor.