Liga Spanyol

Termasuk Ansu Fati, Inilah 5 Pencetak Gol Termuda Dalam Sejarah LaLiga

Jumat, 13 September 2019 01:39 WIB
Editor: Theresia Ruth Simanjuntak
© Quality Sport Images/Getty Images
Ansu Fati striker muda Barcelona berusia 16 tahun. Copyright: © Quality Sport Images/Getty Images
Ansu Fati striker muda Barcelona berusia 16 tahun.

INDOSPORT.COM - Dalam sejarah LaLiga Spanyol ada beberapa nama pemain yang memiliki catatan usia muda ketika mencetak gol pertama. Salah satunya Ansu Fati yang saat ini tengah menjadi buah bibir setelah menjalani debut dengan skuat senior Barcelona melawan Real Betis di pekan kedua lalu.

Penyerang kelahiran Guinea itu bermain bagus pada debutnya dan satu minggu setelahnya Ansu Fati menciptakan gol pertamanya untuk Barcelona ketika melawan Osasuna pada usia 16 tahun 304 hari.

Gol Ansu Fati yang lalu, membuatnya mematahkan rekor Lionel Messi yang mencetak gol di usia 17 tahun 331 hari untuk Barcelona. Selain itu, penyerang asal Guinea juga menjadi pencetak gol termuda ketiga dalam sejarah LaLiga, setelah Fabrice Olinga dan Iker Muniain.

Berikut lima daftar nama pencetak gol termuda dalam sejarah LaLiga seperti rilis yang INDOSPORT terima.

1. Fabrice Olinga – 16 tahun, 3 bulan, 6 hari
Pada laga Malaga vs RC Celta (2012/13), pemain asal Kamerun itu berusia 16 tahun saat mencetak sejarah di pertandingan pembuka musim 2012/13 dengan mencetak satu-satunya gol dalam debutnya untuk klub Malaga.

Setelah menimba ilmu di Samuel Eto’o Foundation di negara asalnya, penyerang ini lalu pindah ke Malaga dari RCD Mallorca dan beberapa kali berlaga untuk klub tersebut pada musim 2012/13 dan 2013/14. Saat ini, ia bermain untuk Mouscron di Belgia.

2. Iker Munian – 16 tahun, 9 bulan, 15 hari
Iker Muniain sebenarnya telah mencetak dua gol untuk Athletic Club saat ia mencetak gol di LaLiga untuk pertama kalinya, yakni ketika melawan Young Boys dan Austria Wien dalam kompetisi Eropa pada awal musim 2009/10.

Tetapi, baru pada pekan keenam ia membobol gawang lawan dalam pertandingan imbang 2-2 melawan Real Valladolid (2009/10). Gol inilah yang menjadikannya sebagai pencetak gol termuda dalam sejarah LaLiga, sebelum akhirnya dipecahkan oleh Olinga beberapa tahun kemudian.

3. Ansu Fati – 16 tahun, 10 bulan
Ansu Fati adalah pemain muda jebolan akademi La Masia milik Barcelona yang terbaru. Penyerang ini menjadi pemain termuda kedua yang bermain di LaLiga untuk klub tersebut dua minggu lalu dalam laga melawan Real Betis di pekan kedua.

Kemudian, ia bermain bagus pada pertandingan beberapa pekan lalu yang menjadikannya pencetak gol termuda ketiga dalam sejarah LaLiga melalui sundulannya saat imbang melawan 2-2 melawan Osasuna (2019/20).

4. Xisco Nadal – 16 tahun, 11 bulan, 19 hari

Walaupun ia menghabiskan sebagian besar kariernya di divisi bawah sepak bola Spanyol, Xisco Nadal bermain impresif di awal kariernya. Ia tidak akan pernah melupakan gol penyeimbang di menit-menit akhir untuk Villarreal saat imbang 2-2 di kandang Espanyol pada akhir musim 2002/03.

5. Juan Mena – 17 tahun, 1 bulan, 6 hari
Selama beberapa dekade, Juan Mena dinobatkan sebagai pencetak gol termuda LaLiga berkat gol ketujuh yang dilesakkannya untuk Valencia dalam kemenangan 7-3 atas RC Celta pada Desember 1941, yang kala itu juga merupakan penampilan debutnya untuk Los Che. Di musim itu pula klub ini meraih titel LaLiga pertamanya di sepanjang sejarah klub.

Penulis: Karina Kusuma Wijaya

1