Bola Internasional

3 Fakta Tragis Calon Lawan Timnas Indonesia U-16, Kepulauan Mariana Utara

Sabtu, 14 September 2019 12:50 WIB
Penulis: Arief Tirtana | Editor: Arum Kusuma Dewi
© AFC
Thailand vs Kepulauan Mariana Utara Copyright: © AFC
Thailand vs Kepulauan Mariana Utara

INDOSPORT.COM - Timnas Indonesia U-16 akan memulai perjuangannya di Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 awal pekan depan, salah satunya menghadapi Kepulauan Mariana Utara.

Timnas Indonesia U-16 tergabung dalam Grup G Piala Asia U-16 2020  bersama sejumlah negara seperti China, Filipina, Brunei Darussalam dan Kepulauan Mariana Utara.

Di atas kertas Timnas Indonesia U-16 sedikit mendapatkan keuntungan, karena babak kualifikasi Piala Asia U-16 2020 Grup G sendiri akan dimainkan di Stadion Madya Gelora Bung Karno (GBK) mulai Senin pekan depan (16/09/19).

Selain itu keuntungan lainnya juga didapat Timnas Indonesia U-16 karena konsestan yang akan menjadi lawan mereka, merupakan negara-negara yang sudah tak asing.

Kepulauan Mariana Utara misalnya. Meski namanya tak banyak dikenal masyarakat Indonesia, Kepulauan Mariana Utara tak asing karena sudah pernah menjadi lawan Indonesia di turnamen yang sama dua tahun silam.

Fakta tersebut, menjadi salah satu di antara tiga fakta yang coba INDOSPORT rangkumkan mengenai negara yang berlokasi di Samudera Pasifik tersebut.

Debut Kepulauan Mariana Utara

Meski berada di Samudera Pasifik, belakangan Kepulauan Mariana Utara justru berkompetisi dalam Federasi Sepak Bola Asia (AFC).

Di Kualifikasi Piala Asia U-16 sendiri, Kepulauan Mariana Utara mengawali debutnya pada 25 September 2013. Bermain di Stadion Hankou Cultural Sports Center, China, Kepulauan Mariana Utara  harus mengakui keunggulan telak tim tuan rumah China U-16 dengan skor lebih dari selusin gol, 12-0.

Lawan Timnas Indonesia U-16

© Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORT
Hasil pertandinga Indonesia vs Kepalauan Mariana Utara. Copyright: Grafis: Eli Suhaeli/INDOSPORTHasil pertandinga Indonesia vs Kepalauan Mariana Utara.

Seperti yang disebutkan di awal, Kepulauan Mariana Utara U-16 sempat menjadi lawan Timnas Indonesia U-16. Yakni ketika tergabung dalam grup yang sama di Kualifikasi Piala Asia U-16 2018.

Saat itu 16 September 2017, Kepulauan Mariana Utara U-16 sama sekali tak berkutik menghadapi anak asuh pelatih Fakhri Husaini, sehingga mereka harus menyerah kalah 18-0 di Stadion Rajamangala, Bangkok, Thailand.

Kekalahan Terbesar

Sebagai tim 'anak bawang' dari negara kecil di Samudera Pasifik, Kepulauan Mariana Utara U-16 memang kerap menjadi bulan-bulanan negara lain. Tak mengherankan jika kekalahan mencolok sering menghiasi hasil pertandingan mereka.

Namun di antara itu semua, ada dua pertandingan Kepulauan Mariana Utara U-16 yang menjadi rekor kekalahan terbesar mereka hingga kini.

Pertama, kala mereka harus bertekuk lutut dari Korea Utara di Kualifikasi Piala Asia U-16 2014 dengan skor 18-0 (27/09/13). Menyusul kekalahan atas Timnas Indonesia U-16, juga dnegan skor yang sama (16/09/17).