Liga Indonesia

3 Hal Positif yang Didapat Persib Bandung Pasca Umuh Muchtar Pensiun

Sabtu, 14 September 2019 20:08 WIB
Penulis: Tiyo Bayu Nugroho | Editor: Ivan Reinhard Manurung
© Arif Rahman/INDOSPORT
Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar. Copyright: © Arif Rahman/INDOSPORT
Manajer Persib Bandung Umuh Muchtar.

INDOSPORT.COM - Nyatanya ada tiga hal positif yang tampaknya bisa didapat Persib Bandung pasca manajer Umuh Muchtar menyatakan pensiun.

Tiba-tiba saja Umuh Muchtar mengumumkan bakal pensiun dari jabatan manajer Persib. Umuh bakal resmi mundur pada akhir musim Liga 1 2019.

Umuh mengaku faktor usia menjadi pengaruh dirinya ingin segera rehat dari dunia sepak bola nasional yang telah membesarkan nama pria kelahiran Bandung ini.

"Saya sudah uzur, 71 tahun, biar semua sama-sama, saya juga berdoa di belakang, masih banyak yang bisa, yah," papar Umuh kepada wartawan, Sabtu (14/09/19).

Rencana Umuh ingin pensiun, telah diobrolkan beberapa kali dengan Glenn. Hanya saja, Glenn sering memintanya untuk tetap bertahan mendampingi Persib.

© Zainal Hasan/INDOSPORT
Umuh Muchtar, Manajer Persib Bandung Copyright: Zainal Hasan/INDOSPORTUmuh Muchtar, Manajer Persib Bandung.

"Musim ini insya Allah masih dampingi dulu. Ya sampai terakhir musim ini yah. Ya pelan-pelan saja," sambung Umuh.

Umuh sendiri sempat mengutarakan pensiun atau mundur sejak 2012 lalu. Kemudian hal serupa juga disampaikan pada 2015 dan 2017 tetapi baru terlaksana di 2019.

Keputusan Umuh mundur dari jabatan manajer Persib tampaknya bakal dirindukan oleh Bobotoh ataupun Viking. Sebab Umuh telah mendampingi Persib sejak 2009 silam.

Meski demikian ternyata ada hal positif yang bakal dirasakan Persib pasca Umuh Muchtar pensiun di akhir Liga 1 2019 nanti. Apa saja kira-kira?

1. Robert Alberts Dua Jabatan

© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih anyar Persib Bandung, Robert Rene Alberts saat diperkenalkan manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) di 1933 Dapur & Kopi, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Jumat (03-05-2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPelatih anyar Persib Bandung, Robert Rene Alberts saat diperkenalkan manajemen PT Persib Bandung Bermartabat (PBB) di 1933 Dapur & Kopi, Jalan Sulanjana, Kota Bandung, Jumat (03-05-2019). Foto: Arif Rahman/INDOSPORT

Kepala pelatih Robert Rene Alberts tampaknya bakal mengemban dua jabatan sekaligus ketika Umuh Muchtar nanti pensiun di akhir Liga 1 2019.

Hal itu disampaikan langsung oleh Umuh. Baginya kemungkinan ke depan pelatih akan merangkap sebagai manajer tim.

"Semua saya yakin, pelatih nanti merangkap menjadi manajer. Saya yakin tidak ada manajer seperti saya ya mungkin disatukan," ujar Umuh.

Maka dari itu, tampaknya Robert Rene Alberts bakal mengemban tugas yang lebih berat. Meski begitu dirinya bakal sejajar dengan manajer kenamaan dunia.

Mulai dari Sir Alex Ferguson, Arsene Wenger, hingga Jose Mourinho adalah orang-orang jenius yang mengatur segala urusan di klub yang merekrutnya.

2. Lebih Leluasa

© Arif Rahman/INDOSPORT
Pelatih Persib Bandung, Robert Rene Albert saat memimpin latihan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin (09/09/2019). Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTPelatih Persib Bandung, Robert Rene Albert saat memimpin latihan di Stadion Si Jalak Harupat, Kabupaten Bandung, Senin (09/09/2019).

Selain itu, ketika Umuh tak lagi menjadi manajer Persib dan diestafetkan ke pundak Robert Rene Alberts, tentunya pelatih asal Belanda itu bakal lebih leluasa.

Lantaran tampuk tanggung jawab pembelian-penjualan pemain, atur pola makan, mekanisme tandang ke markas lawan, dan lain-lain akan diaturnya.

Maka dari itu Robert Alberts memiliki wewenang penuh di Persib dalam membawa klub kelahiran 1933 silam ini menuju tangga juara Liga 1.

3. Regenerasi 

© Arif Rahman/INDOSPORT
Ketua Asprov PSSI Jawa Barat, Tommy Apriantono (kanan) bersama Manajer Persib‎, Umuh Muchtar (tengah) saat pembukaan Kompetisi Piala Persib U-13 dan Piala H Umuh Muchtar U-15 di Lapangan Lodaya, Kota Bandung Copyright: Arif Rahman/INDOSPORTKetua Asprov PSSI Jawa Barat, Tommy Apriantono (kanan) bersama Manajer Persib‎, Umuh Muchtar (tengah) saat pembukaan Kompetisi Piala Persib U-13 dan Piala H Umuh Muchtar U-15 di Lapangan Lodaya, Kota Bandung

Keuntungan terakhir yang bakal dimanfaatkan Persib ketika Umuh telah pensiun dari kursi jabatan manajer adalah regenerasi.

Pasalnya Umuh telah menjabat sebagai manajer Persib sejak 10 tahun (2009-2019). Artinya memang harus ada kandidat baru untuk mengemban tugas tersebut.

Sebelumnya ada Haji Mulyana Uju Sujana yang menjadi wakil manajer Persib. Namun dirinya sempat mundur pada akhir 2015.

Kini pengganti beban yang pernah ditampuk pundak Umuh Muchtar menjadi orang yang sepadan. Dimana bisa mencintai Persib sepenuh hati dan bisa bawa berjaya.