Liga Italia

AS Roma Diterpa Badai Cedera, Faktor Lapangan?

Sabtu, 14 September 2019 07:19 WIB
Penulis: Masya Famely Ruhulessin | Editor: Arum Kusuma Dewi
© INDOSPORT
Logo AS Roma Copyright: © INDOSPORT
Logo AS Roma

INDOSPORT.COM - Mantan pelatih kebugaran AS Roma, Paolo Rongoni mengklaim cedera berulang yang didera para pemain mungkin disebabkan oleh tempat latihan mereka di Trigoria.

Sejauh ini, beberapa pemain Roma yang sudah mengalami cedera yakni Leonardo Spinazzola, Diego Perotti, Davide Zappacosta dan yang terakhir Chris Smalling.

Tentu hal ini akan sangat berpengaruh kepada performa tim terlebih musim baru tengah berjalan dan pertandingan akan semakin padat dalam beberapa pekan ke depan.

"Mungkin ada banyak alasan untuk jenis cedera ini. Jika tanah lapangan lebih keras atau lebih lunak, itu tergantung pada ketinggian rumput dan berbagai strata tanah,” ujarnya seperti dikutip dari Football Italia.

Menurutnya, beberapa bagian lapangan sangat kaku sehingga mereka dapat disamakan dengan kekerasan aspal. Akibatnya hal itu berakibat pada otot pemain.

“Tempat latihan di Trigoria sedikit lebih sulit dibanding lapangan biasa. Itu mungkin salah satu alasannya, meskipun ada juga faktor lain yang memengaruhi cedera yakni gaya hidup para atlet dan metode latihan,” tukas Rongoni.

Ia menambahkan faktor psikologis juga berperan besar dalam cedera apalagi jika pemain tersebut kerap mengalami cedera berulang sehingga cukup kesulitan saat bergerak.

“Jika pemain stres, ototnya mengeras dan lebih cenderung sobek dan mudah cedera. Jadi hal-hal ini perlu diperhatikan dengan lebih serius oleh manajemen klub.” tegasnya.