Bola Internasional

Tidak Ingin Jadi Lumbung Gol Timnas Indonesia U-16, Mariana Utara Dapat 'Bantuan' AFC

Sabtu, 14 September 2019 15:31 WIB
Penulis: Fuad Noor Rahardyan | Editor: Yohanes Ishak
© AFC
Pemain Kepulauan Mariana Utara (biru muda) mendapatkan dukungan moral dari AFC. Copyright: © AFC
Pemain Kepulauan Mariana Utara (biru muda) mendapatkan dukungan moral dari AFC.

INDOSPORT.COMKepulauan Mariana Utara U-16 mendapatkan dukungan moral dari AFC jelang laga pertama Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 melawan Filipina pada Sabtu (14/9/19) di Jakarta.

Meski dianggap kekuatan yang kecil, AFC mendukung mereka untuk tampil sebaik mungkin. Induk federasi sepak bola Asia itu menyemangati tim muda Mariana yang kerap dibantai telak oleh sesama negara Asia di ajang kualifikasi.

“Lupakan hasil, bermainlah untuk masa depan. 34 tahun lalu, Jepang belum mendapatkan hasil yang diinginkan. Tetapi, mereka fokus dan mengembangkan tim. Pergilah dengan harapan untuk masa depan,” ucap Purushottam Kattel, AFC International Relations Officer, dilansir dari situs Saipan Tribune.

Pemberian dukungan moral ini cukup beralasan. Pasalnya, dalam ajang yang sama pada 2018 lalu, Mariana Utara U-16 kalah dari Timnas Indonesia U-16 dengan skor 0-18. Dukungan tersebut diberikan agar tak mengecilkan semangat para pemain jika terulang hal yang sama.

Selain dukungan moral, AFC juga membantu perkembangan sepak bola Mariana Utara. Jerry Tan, selaku presiden sepak bola Mariana Utara, berterima kasih atas kesempatan dari AFC untuk bisa tampil di ajang tertinggi antarnegara Asia.

“Salah satu alasan kami bisa terus berkembang ialah bantuan dari AFC. Sejauh ini, kami terus diundang untuk mengikuti kompetisi di berbagai tingkatan usia,” ucap Jerry Tan.

Dalam ajang Kualifikasi Piala Asia U-16 2020 nanti, Mariana Utara berada satu grup dengan Timnas Indonesia U-16 dan China. Namun, sebelum melawan keduanya, mereka terlebih dahulu berhadapan dengan Filipina dan Brunei Darussalam (16/9/19).