Liga Indonesia

Asal-usul Panggilan 'Teco' untuk Pelatih Bali United Stefano Cugurra

Minggu, 15 September 2019 20:45 WIB
Penulis: Nofik Lukman Hakim | Editor: Indra Citra Sena
© Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra. Copyright: © Nofik Lukman Hakim/INDOSPORT
Pelatih Bali United, Stefano Cugurra.

INDOSPORT.COM - Terdapat begitu banyak pesepak bola asal Brasil yang memiliki panggilan unik dan tak ada hubungannya dengan nama aslinya. Pelatih Bali United, Alessandro Stefano Cugurra Rodrigues, menjadi salah satu yang dapat 'gelar' dari rekannya.

Suami dari Miranda Erlinda ini tak pernah tahu maksud rekan-rekannya memberikan panggilan 'Teco' untuknya. Panggilan yang bertahan hingga sekarang ini didapatnya waktu masih usia belia di Brasil.

"Saya tidak memilihnya. Orang lain yang kasih panggilan Teco untuk saya. Teman-teman kasih panggilan itu saat saya masih kecil," ucap Teco kepada redaksi berita olahraga INDOSPORT di Lapangan Trisakti, Legian, Badung, Minggu (15/9/19).

Teco memahami bahwa nama panggilan ini toh tidak hanya berlaku untuk dirinya. Mayoritas warga Brasil pasti punya panggilan yang terkadang tak nyambung dengan namanya.

Mantan bomber AC Milan, Alexandre Rodrigues da Silva, lebih dikenal dengan nama 'Pato'. Sementara Edson Arantes do Nascimento dipanggil 'Pele'. Pun begitu Ronaldo de Assis Moreira atau kondang dengan nama "Ronaldinho".

"Di Brasil sering seperti itu, bukan nama asli. Papa dan Mama yang pilih nama, teman-teman yang kasih panggilan. Saya juga tidak tahu kenapa Teco. Itu bahkan bukan salah satu kata dari Bahasa Portugis," tandas Stefano Cugurra.

Teco pun berusaha menikmati nama panggilan dari rekan masa kecilnya. Terbukti, nama ini sekarang begitu kondang di jagat sepak bola Asia Tenggara, khususnya Thailand dan Indonesia.